KOMENTAR

GEBRAKAN yang inovatif memang lekat dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kali ini adalah "Sekoper Cinta", program pembelajaran yang menyasar para ibu rumah tangga demi mencetak SDM unggul.

"Sekoper Cinta" merupakan akronim dari "Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita".

Pada 27 Desember tahun lalu, telah melaksanakan Wisuda Sekoper Cinta 2022 di Youth Center Sport, Bandung. Dalam momen istimewa tersebut, hadir Ketua Umum Sekoper Cinta Atalia Praratya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan sejumlah pejabat daerah terkait.

Dilansir dari website resmi Provinsi Jawa Barat, dalam program ini perempuan diajarkan seputar pemberdayaan diri, pemberdayaan keluarga, dan pengelolaan lingkungan.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Sekoper Cinta adalah sebuah bentuk upaya untuk mewujudkan kesetaraan peran, akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat antara perempuan dan laki-laki di segala bidang.

"Masa depan Indonesia tergantung pada kualitas keluarga. Anak-anak pintar kalau ibunya pintar. Anak-anak itu menjadi cerdas karena turunan dari ibunya," ujar Gubernur Ridwan Kamil saat peluncuran program Sekoper Cinta di Cirebon, Rabu (25/1/2023).

Program Sekoper Cinta dilaksanakan untuk 80 desa yang ada di 40 kecamatan di kabupaten Cirebon.

Gubernur Jawa Barat berharap para ibu yang mengikuti pembelajaran Sekoper Cinta dapat fokus dan bersemangat untuk mengikuti berbagai programnya dengan giat. Ia mengingatkan bahwa pendidikan tidak selalu harus didapat dari bangku sekolah formal, tapi juga bisa melalui jalur nonformal.

Alumni Sekoper Cinta pada awalnya berjumlah 67 ribu orang dan kini terus bertambah seiring waktu.

"Pak Bupati Cirebon, saya apresiasi. Semoga tahun depan bisa dilaksanakan di seluruh desa di Cirebon. Saya titip, harus rajin belajar melalui program Sekoper Cinta. Agar semua bisa bergabung dan bisa lulus wisuda," ujar Kang Emil.

Bupati Cirebon Imron menyambut baik gagasan Sekoper Cinta ini. Menurut Sang Bupati, pendidikan nonformal ala Sekoper Cinta dapat meningkatkan pengetahuan dan ketahanan keluarga masyarakat di daerahnya.




Ramadan Runway 2024 Kota Kasablanka: Kemegahan dan Keberkahan di Hari Raya Idul Fitri

Sebelumnya

Indonesia Fashion Week 2024 Hadir di JCC, Targetkan Total Transaksi Rp60 Miliar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E