Hoaks kabar Kemensos bagikan bantuan lewat saldo DANA/Net
Hoaks kabar Kemensos bagikan bantuan lewat saldo DANA/Net
KOMENTAR

BARU-BARU ini sebuah artikel berita berjudul "Bantuan Saldo DANA Gratis Dari Pemerintah Cair Hingga Rp 2 Juta, Daftar Disini!", Pada artikel tersebut disematkan logo Kementerian Sosial (Kemensos). Dan dalam narasinya, artikel tersebut menyertakan sebuah tautan untuk mendaftar melalui aplikasi resmi.

Artikel tersebut kemudian diunggah di salah satu media sosial, Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 4 Januari 2023, namun dengan jusul berbeda: "Kemensos Berikan Bantuan Saldo DANA Gratis, Langsung Cair Rp 600 Ribu, Ini Linknya"

Lalu benarkah postingan tersebut?

Dikutip dari website resmi kominfo.go.id, Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial melalui surat resmi yang ditujukan kepada Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengklarifikasi bahwa artikel berita dengan logo Kemensos yang menyebutkan adanya bantuan saldo DANA gratis dari pemerintah hingga mencapai 2 juta rupiah atau 600 ribu rupiah adalah hoaks atau berita palsu.

Informasi itu dinilai sangat menyesatkan, karena dapat menggiring opini yang tidak baik terhadap Kemensos. Sementara, Kemensos tidak pernah membuat pemberitahuan untuk pendaftaran bantuan sosial di luar aplikasi resmi Kemensos, seperti melalui aplikasi DANA dan sebagaimana, seperti pada klaim yang beredar

Nah Sahabat Farah,harus hati-hati yah jangan sampai tergiur dengan berita hoaks seperti ini, karena penipuan bisa saja terjadi di mana saja dan kapan saja.




IDAI Keluarkan 8 Rekomendasi Stop Kekerasan Seksual pada Anak

Sebelumnya

Bukan 150 Ribu, Kemenkes Siapkan Harga Vaksin di Bawah 100 Ribu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News