MAN Insan Cendekia, salah satu Madrasah Aliyah unggulan di Indonesia/Net
MAN Insan Cendekia, salah satu Madrasah Aliyah unggulan di Indonesia/Net
KOMENTAR

SELEKSI Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) pada sejumlah Madrasah Aliyah (MA) unggulan sudah dibuka mulai 9 Januari hingga 11 Februari 2023. Ada tiga pilihan pendaftaran, yaitu MA Negeri Insan Cendekia (MAN IC), MA Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan MA Kejuruan Negeri (MAKN).

Untuk Bunda yang ingin anak-anaknya melanjutkan pendidikan ke Madrasah Aliyah unggulan, begini cara daftarnya yang telah disosialisasikan Kementerian Agama RI di akun Instagram resminya.

  1. Buat akun di situs https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id
  2. Pilih jenis pendaftaran
  3. Pilih jenis madrasah yang kamu mau, yaitu MAN IC, MAN PK, dan MAKN
  4. Unggah berkas pendaftaran
  5. Selesaikan pendaftaran

“SNPDB digelar untuk mendapatkan calon peserta didik terbaik, sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya,” kata Direktur Kurikulum Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom, Selasa (10/1) lalu.

Keunggulan masing-masing madrasah

Untuk Bunda yang belum tahu apa saja keunggulan masing-masing madrasah tersebut, Farah.id coba menghadirkan informasinya yang diambil dari berbagai sumber:

  • Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC)

Madrasah ini memiliki keunggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta diperkuat dengan Iman dan Taqwa (Imtaq). Keberadaan MAN Insan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai magnet school, yaitu MAN model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

“MAN Insan Cendekia ini seringkali menggondol prestasi olimpiade, baik tingkat nasional maupun internasional. Ada 24 MAN IC yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia,” ujar M Isom.

  • MAN Keagamaan (MAN PK)

MAN Program Keagamaan adalah Madrasah Aliyah yang menyiapkan peserta didiknya untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam (tafaqquh fiddin). Tujuannya, mendidik siswa untuk menjadi ulama dan cendekiawan muslim Nusantara.

“MAN Program Keagamaan merupakan salah satu program unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama, dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Ada 10 MAN PK yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” ungkap dia.

  • MA Kejuruan Negeri (MAKN)

Keunggulan MA Kejuruan Negeri adalah kekhasan Agama Islam. MAKN dihadirkan untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi pengusaha, entrepreneur, dan pekerja yang siap bersaing dan berkompetisi di dunia kerja global.

Nah Bunda, kira-kira mau Si Buah Hati melanjutkan ke MAN yang mana, nih?




Viral Siti Aisyah, Gambarkan Ironi Dunia Pendidikan

Sebelumnya

Menteri Perhubungan Layangkan Teguran Keras untuk Garuda Indonesia Terkait Terganggunya Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News