Maia Estianty/Net
Maia Estianty/Net
KOMENTAR

KASUS kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), selalu menjadi perbincangan serius. Tidak hanya karena masalah kekerasan yang menyebabkan seseorang terluka, terkadang alasan KDRT terjadi juga cukup menggemaskan. Belum lagi korban yang ragu-ragu bahkan takut melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib.

Gemas memang melihatnya. Tidak heran jika kemudian Maia Estianty ikut bicara perihal KDRT ini. Lewat media sosial TikTok, musisi Indonesia ini angkat bicara dan mengajak para perempuan untuk tidak ragu-ragu dan tidak takut untuk melaporkan segala bentuk kekerasan yang dialami.

“KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga bisa terjadi ketika salah satu pasangan dalam suatu hubungan merasakan dorongan untuk untuk mendominasi atau mengendalikan pasangannya,” kata Maia mengutip akun TikTok @maiaestianty.

Ada banyak penyebab terjadinya KDRT, salah satu faktor terbesar adalah adanya ketidakcocokkan atau perbedaan pendapat yang sangat krusial. Atau juga, bisa karena masalah ekonomi atau hal yang bersifat pribadi lainnya.

Bentuk kekerasan yang diterima pun tidak hanya kekerasan fisik, berupa pemukulan, tendangan, dan lain sebagainya, tetapi juga kekerasan secara verbal seperti dilecehkan atau diremehkan.

”Misalnya, pelaku memaksa korban bekerja secara eksploitatif seperti pelacuran, melarang korban bekerja namun menelantarkan, serta merampas atau memanipulasi harta korban. Terakhir, ada KDRT seksual, yaitu pemaksaan hubungan seksual dengan cara yang tidak disukai. Hal ini termasuk meminta pasangan berbuat tidak senonoh dengan orang lain,” urai istri Irwan Mussry ini.

Karena banyaknya kerugian yang diterima korban, pelantun Teman Tapi Mesra ini mendorong perempuan korban KDRT untuk tidak takut melaporkan kekerasan yang dialami, kepada pihak berwajib.

Agar laporan bisa segera diproses, ia juga menyarankan korban untuk mengumpulkan bukti-bukti sebanyak mungkin. Jika ada bukti kekerasan fisik, segera lakukan visum ke rumah sakit terdekat.

“Laporkan saja ke polisi, toh delik aduan juga. Artinya, bisa kapan saja laporan tersebut dicabut, kalau seandainya kalian dan pasangan berbaikan. Minimal kasih jera kepada mereka yang melakukan KDRT,” tegasnya.

Di akhir videonya, Maia memberikan pesan menohok terkhusus lelaki yang melakukan KDRT.

“Ini pesan, ya, buat laki-laki di manapun kalian berada. Yang merasa dirinya mascho, apaan sih? Macho tapi sesungguhnya lebih cocok pakai daster. Aduh, wanita itu bukan untuk dikasarin,” ucap ibu tiga anak ini.

“Seandainya kamu laki-laki, punya wanita yang memancing kamu marah, lebih baik menghindar saja sampai wanita itu tenang. Tapi, jangan sekalipun kau colek dengan kasar, jangan kau banting, apalagi smackdown,” demikian Maia.

Bagaimana Sahabat Farah, setuju ya dengan pesan Maia ini!




Perjalanan Karier Widuri Puteri, Tuai Banyak Pujian Berkat Aktingnya di Film “Siksa Kubur”

Sebelumnya

Naura Ayu Ajak Remaja Indonesia Bangkitkan Semangat dengan Susu Oat Bergizi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment