Kantin Hillcrest High School, salah satu kantin sekolah di kota New York yang sejak lama menyediakan makanan halal untuk siswa-siswa muslim/NY1
Kantin Hillcrest High School, salah satu kantin sekolah di kota New York yang sejak lama menyediakan makanan halal untuk siswa-siswa muslim/NY1
KOMENTAR

KOTA New York kembali menunjukkan kepeduliannya kepada umat muslim di sana. Setelah memberikan libur di dua hari besar, Idul Fitri dan Idul Adha, kepada siswa-siswa muslim, kini pemerintah setempat menyediakan dana sebesar 50 juta dollar Amerika (sekitar) untuk makanan halal di setiap kantin sekolah.

Mengutip NY1, dana tersebut dipakai untuk merapikan 90 kafetaria sekolah menengah dan atas. Cara ini, menurut pejabat setempat, adalah untuk memperluas pilihan makanan halal dan mendorong lebih banyak siswa untuk makan.

Kepala Sekolah Hillcrest High School di Queens, New York City, Scott Milczewski mengatakan, ‘kafetaria yang disempurnakan’ ini sudah ada di sekolahnya sejak beberapa tahun terakhir. Namun dulu, siswa harus melewati antrean panjang untuk mengambil makanan, dengan pilihan yang terbatas. Sehingga, tidak sedikit siswa yang enggan untuk makan siang di sekolah.

“Pengaturan ini memungkinkan konsep prasmanan yang jauh lebih terbuka. Jadi, siswa tinggal memilih apa yang diinginkan, tidak lagi mengantre panjang untuk dilayani,” kata Milczewski.

Sejumlah koki menyediakan makanan halal untuk para siswa di kota New York/Net

Dan, cara ini memang terbukti. Community Food Advocates menemukan adanya perubahan signifikan dari aturan baru ini. Bahwa jumlah siswa yang berpartisipasi makan siang di sekolah naik sebesar 35 persen pada set pertama sekolah menengah atas yang didesain ulang.

Tidak hanya terkait perubahan kafetaria, rasa nyaman itu karena bertambahnya varian makanan halal. Pemerintah Kota New York telah mensertifikasi 79 dapur sekolah untuk menyajikan makanan halal. Jumlah ini dipastikan akan bertambah.

“Sekarang ini, saya bisa datang ke kafetaria dan makan apa yang bisa saya makan, dan tidak melanggar praktik keagamaan saya,” kata siswa Hillcrest High School Musammat Husain.

Hal yang sama dikatakan siswa lainnya, “Seringkali saya memerlukan waktu yang panjang untuk berada di sekolah, jadi saya butuh sesuatu untuk dimakan. Saya bisa makan makanan halal di sekolah, dan ini membuat saya merasa jauh lebih baik”.

Tidak hanya sambutan hangat dari siswa, imam besar di kota New York Imam Shamsi Ali, lewat cuitan twitternya, mengucap syukur atas keputusan pemerintah setempat.

“Alhamdulillah, setelah kita berhasil meyakinkan pemerintah kota New York untuk meliburkan Idul Fitri dan Idul Adha, kini kita berhasil meyakinkan bahwa anak-anak muslim perlu makanan halal di sekolah-sekolah umum. Alhamdulillah, tahun ini ada 50 juta dollar untuk makanan halal di sekolah-sekolah umum,” cuitnya.

Semoga, ke depan akan banyak lagi kemudahan bagi umat muslim untuk menjalankan syariah Islam.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News