Resolusi keuangan adalah salah satu hal penting yang perlu diwujudkan di tahun depan/Net
Resolusi keuangan adalah salah satu hal penting yang perlu diwujudkan di tahun depan/Net
KOMENTAR

APAKAH kamu salah satu orang yang sudah Menyusun resolusi keuangan di 2023? Keuangan sebaiknya dijadikan salah satu hal yang dimasukkan dalam daftar resolusi, dengan harapan bisa membentuk kebiasaan dan kondisi keuangan yang lebih baik.

Resolusi keuangan ini sebaiknya dipertahankan, sehingga bisa mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Sebab, banyak orang yang akhirnya ‘kalah’ dengan diri sendiri, sehingga resolusi keuangannya tidak terwujud.

Menurut hasil penelitian dari University of Scranton, yang dikutip oleh Statistic Brain, sebanyak 23 persen orang mundur dari resolusi keuangannya, seminggu setelah tahun baru. Hanya sekitar 8 hingga 19 persen saja yang bisa bertahan dan tekun mewujudkan resolusinya dalam jangan panjang.

Resolusi tahun baru yang dicanangkan kerap kali terlalu ambisius dan terbawa suasana hitungan mundur waktu pergantian tahun. Padahal, hal yang paling mudah untuk membantu mewujudkan resolusi keuanganmu adalah memilih rekening terpisah.

Hanya saja, proses administratif yang membutuhkan waktu lama, terkadang menjadi alasan lagi untuk mundur. Jika demikian, kamu bisa terapkan tiga strategi berikut ini untuk mewujudkannya.

1. Lunasi hutang dan cicilan

Hutang dan cicilan adalah salah dua penghalang terbesar dalam mencapai kesehatan finansial. Karenanya, tajamkan fokus untuk mengatur strategi yang lebih bijak dalam menyelesaikan keduanya. Kemudian, perbaiki pengelolaan keuangan dengan membedakan rekening transaksi dan rekening tabungan.

2. Akali biaya administrasi

Meski kecil, biaya administrasi bisa menjadi besar jika dikalkulasi. Perhatikan pos-pos pengeluaran kecil yang sebenarnya memiliki jumlah yang cukup besar. Misalnya, kamu bisa mencari bank yang memberlakukan biaya administrasi yang murah. Dengan begitu, upaya untuk mencapai tujuan keuangan kamu bisa lebih maksimal.

3. Jadikan sebagai perjalanan yang menyenangkan

Buang pikiran, menabung adalah cara yang ‘menyiksa’ untuk mencapai tujuan hidup. Pemikiran ini akan menjadi boomerang, karena suatu saat kamu akan ‘balas dendam’ dengan belanja lebih boros lagi. Ubah pola pikirnya, bahwa perjalanan finansial ini adalah hal yang menyenangkan.

Nah, tiga hal ini perlu kamu ingat agar resolusi keuanganmu di 2023 berjalan dengan baik. Dan agar tidak putus di tengah jalan, perkuat keyakinan bahwa resolusi keuangan yang telah kamu buat adalah sebuah perjalanan yang menyenangkan.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family