Ilustrasu menabung/Net
Ilustrasu menabung/Net
KOMENTAR

BUDAYA menabung sebaiknya telah diajarkan sejak dini. Sehingga ketika beranjak dewasa, menabung bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi yang menjadi pertanyaan, konsistensi menabung.

Tentunya akan banyak godaan yang membuat kita menjadi konsisten menabung. Seperti godaan untuk belanja, jalan-jalan, jajan, mengganti gadget dan lain sebagainya.

Nah, agar bisa menghindari godaan tersebut dan mulai konsisten menabung, kamu bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini:

1. Tetapkan tujuan keuanganmu

Ketahui apa yang sebenarnya dibutuhkan secara finansial. Buatlah daftar-daftar keinginan sebelum menabung, juga perlu memetakan jangka pendek dan jangka panjang agar dapat membantumu membentuk strategi yang jelas untuk dapat memulai menabung.

2. Jadilah realistis

Belajarlah bersikap realistis, seperti apakah kamu memiliki sumber daya serta kapasitas yang cukup dalam mencapai tujuan keuangan tersebut. Jangan sampai kamu memiliki tujuan yang tinggi, namun minim kapasitas dan mengorbankan kewajiban lain, seperti biaya hidup sehari-hari.

3. Siapkan anggaran

Langkah selanjutnya adalah dengan menetapkan anggaran untuk menabung. Misalnya, setiap kali menerima gaji bulanan. Buatlah anggaran sesuai dengan kemampuan dan pastikan kamu telah lebih dulu menyisihkan kebutuhan pokok, membayar cicilan bulanan, serta kebutuhan hidup lainnya.

4. Ubah gaya hidup

Hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah mengubah gaya hidup. Hentikan kebiasaan-kebiasaan yang justru menghamburkan banyak uang, agar finansialmu semakin matang.

5. Pikirkan tentang masa depan dan spesifik

Untuk lebih semangat dalam menabung, kamu perlu memikirkan masa depan dengan spesifik, seperti hal-hal apa yang ingin kamu capai dengan uang yang kamu tabung tersebut. Misalnya, ingin memiliki mobil sendiri, atau kamu sedang berada di dalam rumah impianmu. Hal tersebut dianggap efektif untuk dapat membuatmu semakin semangat dalam menyisihkan uang setiap bulannya.

6. Bersabarlah

Untuk dapat menikmati hasil, memang memerlukan waktu yang lama. Maka dari itu, bersabarlah dan jangan menyerah. Kamu perlu mengingat pepatah, “Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit”.

Nah, itu lah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mulai konsisten menabung. Kamu perlu tahu, dengan finansial yang sehat kamu tidak perlu mengkhawatirkan masa depan.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family