post image
Ilustrasi menabung sebagai bagian dari frugal living/Net
KOMENTAR

MENERAPKAN gaya hidup sederhana dan hemat seringkali disebut dengan gaya hidup minimalis dan frugal. Meski keduanya dianggap memiliki tujuan yang sama dalam membenahi dan mengatur keuangan yang baik di masa depan, namun dalam praktiknya keduanya sangatlah berbeda.

Lantas apa yang membedakan gaya hidup frugal dan minimalis?

Gaya hidup minimalis

Gaya hidup minimalis sebenarnya merupakan gaya hidup yang mempraktikkan membeli apa yang hanya dibutuhkan saja dan menjaga apa yang telah dimiliki. Umumnya, minimalis mengacu pada meminimalisirkan jumlah harta benda, seperti baju, tas, dan barang-barang lainnya yang menumpuk, dan tak diperlukan untuk menjalani kehidupan yang sederhana.

Hidup minimalis tidak berfokus pada jumlah uang yang digunakan. Hidup minimalis secara inheren hanya berfokus pada objek barang-barang fisik. Minimalis memberi batasan pada pembelian berdasarkan pengalaman.

Frugal Living

Gaya hidup frugal adalah gaya hidup berhemat, yang mencari solusi biaya terendah tanpa bersifat boros. Frugal living lebih menekankan pada efisiensi dan penghematan dengan mengacu pada pendekatan ekonomis untuk konsumsi sumber daya, seperti uang, waktu, dan energi.

Tidak hanya berhemat, gaya hidup ini mampu mengeluarkan uang dengan bijak dan cerdas, seperti mencari diskon dalam berbelanja, dan lain sebagainya.

Orang yang menerapkan frugal living tidak serta merta keberatan dengan penambahan harta dan umumnya frugal living juga lebih memilih untuk bulk buying atau belanja dalam jumlah besar untuk menghemat waktu, energi dan uang.

Walaupun prinsipnya berbeda, namun dapat disimpulkan bahwa hidup minimalis dan frugal living merupakan gaya hidup yang dapat melengkapi satu sama lain. Keduanya sama-sama dapat membantu kamu dalam mengatur kondisi keuangan yang baik untuk kehidupan di masa depan.

Namun, jika kamu hanya mau berfokus dengan hidup hemat secara bijaksana dan mengurangi hal-hal yang tidak lagi diperlukan, kamu bisa sekaligus menjalani gaya hidup frugal dan minimalis tanpa harus memilih salah satu di antaranya.




Mengenal Jenis Investasi, Saham atau Reksadana yang Aman untuk Pemula?

Sebelumnya

Ingin Tidur Nyenyak dan Nyaman, Kenali Jenis Kain yang Cocok untuk Seprai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family