KOMENTAR

PASCAPANDEMI, kita memahami pentingnya untuk memiliki tabungan, termasuk untuk dana darurat. Karena itulah kita harus bisa mengatur keuangan sebaik mungkin agar tabungan kita semakin hari bisa terus bertambah.

Berikut ini 4 tips mengatur keuangan yang dirangkum dari Media Keuangan Kementerian Keuangan RI.

1# Mencatat pemasukan dan pengeluaran. Ini menjadi penting untuk melihat pos-pos mana yang menelan biaya besar dan kita dapat merencanakan penghematan pada pos-pos yang memang bukan tergolong kebutuhan primer.

2# Membuat prioritas kebutuhan. Jadilah bijak, cerdas, dan objektif. Pisahkan kebutuhan dari keinginan. Dengan demikian, kita dapat melihat sesungguhnya kita mampu hidup lebih hemat.

3# Menentukan target masa depan. Bagi lajang maupun yang sudah berkeluarga, sangat penting untuk merancang masa depan. Dengan menentukan target yang ingin dicapai di masa depan, kita akan memiliki tekad kuat untuk mencapainya.

4# Disiplin menabung. Disiplin artinya kita harus memaksakan diri untuk menabung sekalipun kebutuhan sedang banyak. Jika kita berpegang pada skala prioritas yang telah kita tentukan, kita pasti bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Hal-hal sekunder lain bisa dihemat.




Ciptakan Sendiri Hormon Serotonin, Si Penstabil Suasana Hati

Sebelumnya

Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family