Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

ANAK perempuan dekat dengan ibu, itu sudah biasa. Dandan bersama, memakai pakaian yang sama, bercerita bersama, mengerjakan banyak hal yang sama secara bersama-sama pula. Bagaimana saat anak perempuan dekat dengan ayahnya?

Tidak dapat disangkal, kehadiran anak perempuan ternyata membawa perubahan berarti bagi seorang ayah. Saat anak perempuan hadir, akan terlihat perubahan dalam diri seorang ayah. Yang sangat terlihat, ayah akan menjadi lebih lembut dan perhatian.

Sebuah studi yang melibatkan 52 ayah yang memiliki putra dan putri berusia 1 hingga 2 membuktikan, jenis kelamin anak ternyata memiliki efek langsung pada bagaimana hubungan para ayah dengan anak-anaknya.

Coba Bunda perhatikan bagaimana suami menghabiskan waktu bersama bayi perempuannya. Biasanya, ayah akan lebih banyak bernyanyi, bersiul, atau mengeluarkan suara-suara lucu daripada dengan anak laki-lakinya.

Seorang ayah yang memiliki anak perempuan, cenderung akan bermain permainan yang lebut, berpura-pura menjadi sesuatu, bahkan mau saja didandani oleh si kecil. Ayah yang bermain bersama anak perempuannya akan lebih banyak belajar tentang diri satu sama lain lewat setiap interaksi.

Ketika melihat anak perempuannya sedih atau sedang kesusahan, ayah juga cenderung menjadi lebih perhatian dan mau mendengarkan. Inilah mengapa ayah yang memiliki anak perempuan lebih dapat mengembangkan rasa empatinya.

Namun di sisi lain, anak laki-lakinya menjadi lebih tertutup secara emosional saat dewasa, karena merasa tidak menerima perhatian yang sama dari sang ayah dibandingkan dengan saudara perempuannya.

Kedekatan ayah dan anak perempuannya semakin mudah ketika pada dasarnya anak perempuan jauh lebih ekspresif dan sudah bisa memahami emosinya kebih dini dibandingkan anak laki-laki. Itulah yang menyebabkan akhirnya mereka merasa lebih terbuka, aman, dan nyaman, ketika bersama ayah. Reaksi itulah yang kemudian menjadikan ayah lebih beraksi senang ketika melihat anaknya bahagia.

Setiap orangtua dan anak memang memiliki ikatan istimewa. Tidak hanya ibu, para ayah juga terkadang memiliki ikatan tersendiri dengan anak-anaknya.

Bagi anak perempuan, ayah adalah sosok yang akan menunjukkan kepada mereka bagaimana laki-laki seharusnya memperlakukan perempuan. Ayah akan dipandang sebagai pelindung dan memberikan apa yang dibutuhkan.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family