KOMENTAR

DI tengah musim pancaroba juga pandemi COVID-19 dengan varian Omicron XBB yang masih merebak di Indonesia, memiliki daya tahan tubuh yang prima menjadi hal penting yang harus dijaga.

Dalam menjaga daya tahan tubuh, kita juga harus mewaspadai sejumlah kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari ternyata menyebabkan turunnya daya tahan tubuh.

Apa saja kebiasaan yang bisa menyebabkan imunitas tubuh berkurang? Simak penjelasan berikut ini.

1. Kurang beristirahat

Jika kamu sering mengabaikan kebiasaan kurang tidur, hati-hati, kebiasaan jelek ini dapat memicu terjadinya kurang fokus dan berbagai macam penyakit lantaran daya tahan tubuh yang akan mulai menurun.

Memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup merupakan hal yang wajib dilakukan jika kamu tidak ingin daya tahan tubuh menurun.

Mulailah tidur 7-9 jam per hari, yang sebaiknya dimulai dari jam 10 malam.

2. Malas berolahraga

Agar tubuh terus dalam kondisi yang prima, kamu harus membuat olahraga menjadi aktivitas wajibmu setiap hari, yang tak boleh terlewat, minimal 30 menit setiap harinya.

Namun, jika saat ini kamu memiliki kebiasaan malas bergerak, hal tersebut akan berdampak pada daya taham tubuhmu yang melemah.

Banyak beragam jenis olahraga yang tak terlalu berat yang bisa kamu lakukan, seperti berenang, bersepeda, atau workout di dalam rumah.

3. Jarang mengonsumsi makanan sehat

Jika kamu jarang mengonsumsi makanan sehat, kamu perlu untuk mulai mengubahnya. Sebab di tengah beragam ancaman virus yang ada, mengonsumsi makanan sehat dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Sayuran segar hingga buah-buahan dapat menangkal berbagai macam penyakit. Dan dengan terpenuhinya kebutuhan serat, vitamin, dan nutrisi dalam tubuh, imun tubuh akan selalu dalam kondisi prima.

4. Tidak memperhatikan kebutuhan vitamin untuk tubuh

Selain mengonsumi makanan sehat, kamu juga tidak boleh melupakan kebutuhan vitamin dalam tubuhmu. Salah satunya yang harus dipastikan adalah kebutuhan vitamin D.

Kita tahu bahwa vitamin D sangat berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh, bahkan tulang. Vitamin D juga dapat meminimalkan penurunan daya tahan tubuh.

5. Merokok

Terakhir adalah merokok. Zat kimia yang terkandung dalam sebatang rokok dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan sebab kandungannya lambat laun akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Namun tak hanya itu, kebiasaan merokok juga dapat memicu hadirnya sejumlah penyakit serius dalam tubuh seperti kanker, diabetes, penyakit paru kronis, dan lainnya. Oleh karena itu agar tubuh tetap sehat sebisa mungkin jauhi kebiasaan tersebut.
 




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health