Ada banyak kuman yang terdapat di mulut dan bisa ditularkan kepada anak lewat ciuman/Net
Ada banyak kuman yang terdapat di mulut dan bisa ditularkan kepada anak lewat ciuman/Net
KOMENTAR

ADA berbagai macam cara orangtua menunjukkan kasih sayangnya kepada anak, salah satunya dengan mencium. Pelukan dan ciuman menjadi aktivitas sederhana yang dilakukan orangtua sebagai bentuk kecintaannya pada anak.

Menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada anak, itu bagus. Namun, orangtua harus tahu batasannya. Salah satunya, jangan mencium mulut anak karena hal itu yang dibenci oleh Allah SWT, walaupun itu anak sendiri.

Syaikh Muhammad Ali Farkus hafidzahullah berkata: “Dibenci mencium mulut anak kecil, bahkan walaupun mereka anakmu, baik itu anak laki-laki maupun perempuan. Dan bahwasannya hal itu merupakan kebiasaan kaum syiah.” (Fatawa no 970)

Rasul dan sahabatnya pun hanya mencium pipi putra-putrinya.

“Aku masuk Bersama Abu Bakar, menemui keluarganya. Ternyata Aisyah, putrinya, sedang berbaring karena diserang sakit panas yang tinggi. Maka aku melihat ayahnya, Abu Bakar, mencium pipinya seraya bertanya, ‘Bagaimana keadaanmu, wahai putriku?’”(HR Al Bukhari)

Hendaknya menunjukkan kasih sayang dengan cara lainnya. Jikapun ingin mencium, lakukan di beberapa bagian yang disarankan oleh Rasulullah, yaitu:

  1. Di ubun-ubun, untuk menunjukkan kebanggaan orangtua terhadap anak, sambal didoakan agar menjadi anak yang shaleh dan shalehah.
  2. Di dahi, sebagaimana Rasulullah SAW mencium Fatimah di dahinya sebagai bentuk keridhaannya atas keberadaan anak.
  3. Di kedua pipi sebagai tanda kasih sayang sambal berucap masya Allah, pertanda Syauq (perasaan sayang dan rindu).
  4. Di tangan, tanda mawaddah wa hub (kasih sayang) sambal mengucap barakallah.

Bahaya mencium mulut anak

Ada alasan kesehatan pula, mengapa mencium mulut bayi dan anak sangat dilarang. Mengutip lama Alo Dokter, berikut bahaya yang bisa ditimbulkan dari mencium mulut atau bibir bayi:

  • Herpes simpleks (HSV 1), ditandai dengan luka dan lepuh serta ruam pada bibir dan kulit di sekitarnya.
  • Mononukleosis (kissing disease) yang ditularkan ketika anak menghirup percikan air liur saat penderita menciumnya.
  • Sariawan karena infeksi jamur Candida (thrush).
  • Meningitis bakteri.
  • ISPA.
  • Covid-19
  • Pneumonia

Mengingat begitu banyak penyakit yang dapat menimpa bayi ketika ia sering dicium, maka mulai sekarang biasakan untuk tidak membiarkan si kecil dicium sebarang orang.

Jika ingin memegang dan menggendongkan, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Jangan lupa pula untuk melengkapi jadwal vaksinasi bayi dan rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter.




The Last of Us

Sebelumnya

Viral Mahar Kain Kafan, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur