Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MEMBERSIHKAN muka adalah salah satu hal yang wajib dilakukan setelah beraktivitas sehari-hari, agar menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Jika kamu tidur tanpa mencuci muka lebih dulu di malam hari, hal tersebut akan menyebabkan masalah baru pada kulit, seperti iritasi dan timbul jerawat, lantaran debu, minyak, dan kotoran yang menumpuk.

Berbagai cara dalam membersihkan muka pun banyak dilakukan. Mulai dari menggunakan micellar water, facial wash, hingga cara yang praktis yaitu tisu basah.

Namun tahukah kamu, tisu basah memiliki kandungan kimia yang berbahaya untuk wajah?

Ahli gastroenterology yang berbasis di New York City, Nancy Chung, MD, menjelaskan, membersihkan wajah dengan tisu basah dapat membuat kulit menjadi sensitif. Sebab di dalam tisu basah terdapat bahan kimia yang terlalu keras, yang bisa meningkatkan risiko iritasi pada wajah.

“Cara yang terbaik adalah menghindari paparan wewangian dan bahan kimia yang tidak perlu pada area (wajah) tersebut,” kata Dr Chung dikutip dari Live Strong.

Ada juga laporan yang menyebutkan bahwa tisu basah dapat menyebabkan ruam di tempat yang tidak nyaman. Hal ini karena beberapa tisu mengandung MCI (methylchloroisothiazolinone), yang sangat keras untuk kulit.

Menyebarkan bakteri

Tisu basah terkadang juga digunakan sekaligus untuk membersihkan beberapa bagian tubuh. Nah, tanpa disadari kebiasaan ini malah dapat menyebarkan bakteri, lho.

“Penggunaan tisu basah juga dapat mengganggu mikrobioma baik yang ada di dalam kulit dan meninggalkan bakteri jahat, yang dapat menyebabkan ruam, iritasi, dan infeksi jamur,” kata rekan Chung, Victoria Glass, MD.

Untuk itu, sebaiknya hindari penggunaan tisu basah yang mengandung banyak pewangi dan juga alkohol untuk membersihkan wajah. Kamu bisa menggunakan produk pembersih yang memang khusus seperti cleansing oil, cleansing balm, atau facial wash.

Menyebabkan jerawat dan komedo

Penggunaan tisu basah justru akan membuat kulit wajah menjadi lengket dan menjadi semakin tidak bersih. Kulit yang tidak bersih bisa menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak.

Komedo juga akan muncul akibat makeup yang tidak dibersihkan dengan baik. Hal ini akan menyumbat pori-pori kulit dan memunculkan komedo. Tisu basah hanya bisa memecah partikel, bukan membersihkan kotoran atau makeup dari wajah.




Indonesian Fashion Modest & Lifestyle: “Romantic Rayya” Bungas X Mayesha by Ida Andriansyah Representasikan Kehangatan Suasana Idul Fitri

Sebelumnya

Indonesian Fashion Modest & Lifestyle: Tampilkan Magnifique of Universality 2023 dalam Rancangan Busana Syar'i

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Fashion