Perkampungan Budaya Betawi menjadi salah satu tujuan desa wisata yang memakai program Beti Dewi dari Kemenparekraf/Net
Perkampungan Budaya Betawi menjadi salah satu tujuan desa wisata yang memakai program Beti Dewi dari Kemenparekraf/Net
KOMENTAR

MENJELAJAH keindahan alam Indonesia, menjadi pengalaman yang sangat luar biasa. Apalagi jika perjalanan tersebut dapat ditempuh dengan minim biaya, akan banyak wilayah yang dikunjungi.

Untuk semakin memperkenalkan wisata tanah air kepada wisatawan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara resmi meluncurkan program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi). Program tersebut menawarkan paket wisata murah agar wisatawan semakin mudah menjelajah beragam desa wisata di Indonesia.

Untuk program ini, Kemenparekraf menggandeng online travel agent (OTA) Mister Aladin, yang menyiapkan kanal khusus untuk menjual paket-paket menarik ke desa wisata. Dan rahun ini, ada 100 paket wisata yang diambil dari desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) tahun 2021 dan 2022.

Beti Dewi menawarkan sejumlah paket wisata diantaranya bermalam di homestay, camping, memerah susu kerbau, belajar bermain alat musik tradisional, menjelajah alam, dan masih banyak lagi.

“Dengan program Beti Dewi, masyarakat Indonesia memiliki pilihan destinasi baru untuk liburan, yaitu ke desa wisata,” kata Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini, dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Selasa (22/11).

Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi

Salah satu paket desa wisata yang terdekat adalah Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi. Menurut salah satu pengurus, Imron, desa wisata Setu Babakan menawarkan paket wisata dengan harga terjangkau, yaitu mulai dari Rp 99 ribuan.

Dengan harga paket tersebut, kamu sudah bisa membawa pulang pohon alpukat, naik demal, bermain di perkampungan budaya Betawi, dan lainnya.

Ada juga paket Sehari di Kampung Budaya Betawi atau 2 Hari Jadi Orang Betawi.

“Enggak cukup kalau main doang, karena kalau mau jadi orang Betawi harus sehari. Makanya ada paket 2 hari Jadi Orang Betawi. Begitu dua hari ikut di homestay dan nyampur jadi orang Betawi, logatnya berubah kayak saya ini,” kata Imron.

Diskon 25 persen saat Nataru

Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata dan menyambut libur Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru), Mister Aladin memberikan promo khusus, diskon 25 persen untuk kunjungan desa wisata. Begitu disampaikan Chief Operating Officer Mister Aladin Nitha Sudewo.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno berharap Beti Dewi dapat mendorong tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata, sehingga dapat terus mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan pekerjaan.




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News