post image
Gempa bumi di Cianjur (21/11/2022)/ AP
KOMENTAR

GEMPA bumi merupakan salah satu bencana yang tidak dapat kita prediksi kapan terjadinya. Gempa terjadi karena peristiwa bergeser atau bertumbukannya sesar atau lempeng bumi yang dapat menyebabkan getaran sangat kuat hingga merusak dan menghancurkan bangunan atau infrastruktur di atasnya dalam waktu singkat.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan diri bila terjadi gempa bumi?

Dikutip dari buku saku tanggap, tangkas, tangguh menghadapi bencana dari BNPB, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri saat terjadi bencana.

1# Berlindung di bawah meja

Saat terjadi bencana gempa bumi, upayakan keselamatan kita dengan cara berlindung di bawah meja untuk menghindari dari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca.

2# Lindungi kepala

Lindungi kepala dengan bantal atau helm. Bila sudah terasa aman segeralah keluar.

3# Matikan sumber api dan listrik

Matikan kompor dan semua peralatan yang menggunakan listrik untuk menghindari korsleting.

4# Gunakan tangga darurat

Saat anda berada di dalam gedung tinggi, gunakan tangga darurat untuk turun dan keluar. Jangan menggunakan lift, karena bila listrik mati kita dapat terjebak di dalamnya. Lift juga berisiko anjlok ketika terjadi gempa.

Apabila sudah terlanjur berada di dalam lift, segeralah pencet semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan untuk meminta bantuan.

Saat sudah berada di luar bangunan, segeralah ke tanah lapang. Hindari tiang, bangunan yang terlihat rapuh, pepohonan, atau instalasi listrik.

5# Keluar dari mobil

Ketika gempa terjadi saat kita berada di dalam mobil, segera menepi ke bahu jalan dan berhenti.  Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan. Lalu keluarlah ke bahu jalan, hindari persimpangan.

Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memperhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi atau gawai.

Apabila mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju tanah yang lebih tinggi,seperti bukit dan bangunan tinggi.

Tetaplah waspada terhadap gempa bumi susulan.




Mengenal Jenis Investasi, Saham atau Reksadana yang Aman untuk Pemula?

Sebelumnya

Ingin Tidur Nyenyak dan Nyaman, Kenali Jenis Kain yang Cocok untuk Seprai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family