post image
Atalia Praratya lulus dari program S-3 Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung/Net
KOMENTAR

MENJADI seorang ibu bukan berarti mengubur semua mimpi, termasuk cita-cita melanjutkan pendidikan. Tema Ibu Back to School semakin mencuat, terutama saat pandemi, di mana banyak kampus yang menggelar kuliah online. Ini memudahkan ibu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, cukup dari rumah saja.

Ada beberapa alasan mengapa ibu ingin melanjutkan sekolah, yaitu:

  1. Kebutuhan untuk mendapatkan gelar demi keperluan penunjang karir.
  2. Memperoleh pengalaman hidup yang berbeda atau memberikan pengalaman baru bagi anak-anak (jika ibu ingin keliah di luar negeri).
  3. Bentuk aktualisasi diri atau keinginan untuk meng-upgrade potensi yang ada di dalam dirinya.

Alasan-alasan di atas cukup logis, karena pendidikan tidak mengenal batasan usia. Hanya saja, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar keinginan untuk melanjutkan pendidikan tersebut tidak menjadi impian semata.

Dana Pendidikan

Persiapan pertama adalah dana pendidikan. Ibu bisa mengikuti program beasiswa atau mempersiapkan dana pribadi. Di dalam negeri, pendaftar program beasiswa biasanya memiliki batasan usia. Tapi, berbeda dengan program beasiswa di luar negeri.

Dokumen Resmi dan Penunjang

Siapkan dokumen pendukung, seperti ijazah, transkrip, surat rekomendasi, CV, motivation letter atau personal statement, sertifikasi Bahasa (TOEFL/IELTS). Jika dibutuhkan, persiapkan hasil tes GRE/GMAT.

Pengalaman Penunjang

Pengalaman penunjang itu bisa kegiatan sosial atau volunteer, kursus online, dan lainnya. Pengalaman ini penting disiapkan untuk menambah peluang diterima, terutama bagi ibu yang punya gap year yang cukup panjang.

Dukungan

Support system keluarga, kerabat, bahkan suami sangat dibutuhkan. Kendala yang sering muncul biasanya berkaitan dengan pengasuhan anak serta pembagian waktu mengurus pekerjaan rumah tangga dengan kegiatan studi.

Setiap ibu pasti memiliki potensinya masing-masing. Dengan belajar, ibu dapat mengoptimalkan potensinya tersebut dan meraih apa yang dicita-citakan. Dan, sudah ada ruang yang terbuka lebar bagi ibu yang ingin melanjutkan sekolah.




Mengenal Jenis Investasi, Saham atau Reksadana yang Aman untuk Pemula?

Sebelumnya

Ingin Tidur Nyenyak dan Nyaman, Kenali Jenis Kain yang Cocok untuk Seprai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family