Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DIREKTUR Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Imran Pambudi menyebutkan, ada sejumlah penyakit menular yang masih menjadi permasalahan di Indonesia, lantaran angka kematiannya tercatat cukup tinggi.

Salah satunya adalah Tuberkulosis atau TBC. Saat ini jumlah kasus TBC sendiri di Indonesia diketahui telah mendekati India. Indonesia menjadi peringkat kedua di dunia untuk kasus TBC.

“Tuberkulosis itu insidennya di Indonesia sekarang meningkat, dari 824 ribu kasus pada tahun 2020, 2021 menjadi 969 ribu kasus per tahun. Dan Indonesia sudah menjadi ranking kedua kembali setelah India dalam jumlah kasus tuberkulosis,” kata Imran.

Penyakit TBC sendiri adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman micobacterium tuberculosis dan dapat menjangkit semua orang tanpa pilih-pilih. Sejak ditemukan pada 1882 lalu, endemi TBC memang tak kunjung usai hinga saat ini.

Sejauh ini, pemerintah masih terus berupaya dalam menanggulangi TBC yang jumlahnya masih meningkat di Indonesia, dengan memeriksa kontak erat terhadap pasien tuberkulosis, sebagai upaya deteksi dini adanya kemungkinan penularan, dan melakukan pengobatan pada pasien hingga sembuh.

Selain TBC, Imran menambahkan, ada penyakit menular lainnya yang masih tinggi di Indonesia, apalagi saat musim hujan tiba, yaitu demam berdarah. Biasanya, penyakit ini kerap muncul dan menyerang masyarakat, ketika hujan terus melanda di Indonesia, seperti saat ini.

Untuk itu, Imran mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), demi mencegah sejumlah penyakit yang menular.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News