Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MORNING person merupakan istilah yang diberikan bagi seseorang yang terbiasa bangun lebih pagi untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Seperti dikutip dari Time, morning person cenderung mempunyai kesehatan mental yang lebih baik, dengan kemungkinan tingkat depresi yang lebih rendah, daripada tipe night owl.

Penelitian menemukan, morning person lebih proaktif dan lebih memiliki segudang manfaat. Jika saat ini kamu tipe night owl, kamu bisa mengubah kebiasaan itu dengan beberapa langkah di bawah ini

Biasakan diri terpapar sinar matahari

Ketika kamu bangun, cobalah untuk keluar rumah dengan berjalan santai atau sekedar duduk di luar rumah untuk menikmati cahaya matahari pagi yang menyegarkan. Cahaya dari matahari dapat membantu menekan hormon melatonin, yang merupakan hormon tidurmu.

Lalu, buka semua jendela di ruanganmu, khususnya di kamar, agar cahaya yang masuk dapat membuatmu tidak tidur kembali.

Mulailah secara perlahan

Lakukan secara perlahan dan konsisten. Dengan melakukan ini selama beberapa hari, lama kelamaan kamu akan terbiasa menjadi seorang morning person, lho. Jika pada akhir pekan, atau sehari saja kamu tidak melakukan kebiasaan ini, maka akan sulit kebiasaan itu terbentuk. Sebisa mungkin bangunlah pagi hari, meskipun itu di hari libur, agar kamu berhasil menjadi seorang morning person.

Lakukan rutinitas di malam hari agar lebih cepat tidur

Lakukan beberapa hal agar kamu bisa tidur lebih cepat, contohnya membaca buku, meredupkan lampu saat hendak tidur, dan tidak membuka handphone. Cahaya dari handphone dianggap dapat menekan kemampuan tubuh dalam menghasilkan melatonin secara cepat, yang dapat menghambatmu untuk tidur lebih awal.

Rencanakan kegiatan ketika bangun tidur

Trik ini dapat menarik atau memicu kamu untuk bangun dari tempat tidur dengan segera, lantaran ada kegiatan yang kamu nanti-nantikan. Misalnya, membeli kopi atau kue favorit, agar ketika pagi hari, kamu akan terasa lebih bersemangat.

Nah, itu tadi lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan kebiasaan menjadi morning person.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health