Peresmian Universitas Darunnajah dihadiri para pimpinan pesantren se-Asia Tenggara/ @darunnajah_jakarta
Peresmian Universitas Darunnajah dihadiri para pimpinan pesantren se-Asia Tenggara/ @darunnajah_jakarta
KOMENTAR

SATU lagi lembaga pendidikan tinggi hadir di Tanah Air yaitu Universitas Darunnajah.

Darunnajah bukanlah nama baru dalam dunia pendidikan nasional, khususnya dalam dunia pesantren. Diketahui bahwa Pondok Pesantren Darunnajah berlokasi di Ulujami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dan memiliki beberapa cabang di antaranya di Tangerang dan Bogor.

Universitas Darunnajah mempunyai tiga fakultas dengan berbagai program studi di dalamnya.

Pertama, Fakultas Agama Islam (FAI) dengan program studi Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga Islam, Pendidikan Islam Usia Dini, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah.

Kedua, Fakultas Bisnis dengan program studi Bisnis Digital, Kewirausahaan, juga Administrasi Bisnis.

Ketiga, Fakultas Sains dan Teknologi dengan bidang studi Sains Aktuaria, Rekayasa Perangkat Lunak, serta Sistem dan Teknologi Informasi.

Kehadiran Universitas Darunnajah ini disambut baik para tokoh Muslim Tanah Air, termasuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla menyatakan harapannya agar Universitas Darunnajah dapat memajukan pendidikan di Tanah Air, terutama dalam bidang kajian ilmu keagamaan.

"Kita semua tentu ingin agar universitas ini memberikan pendidikan, ilmu, ibadah yang baik untuk generasi muda Indonesia," ujar Jusuf Kalla saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darunnajah dalam rangka Konferensi Internasional Pengasuh Pesantren Se-Asia Tenggara sekaligus Grand Launching Universitas Darunnajah, Senin (7/11/2022).

Jusuf Kalla menambahkan urgensi Universitas Darunnajah sebagai sarana untuk memajukan kehidupan rakyat, terutama umat Muslim di masa depan.

Menurut Jusuf Kalla, alumni universitas ini diharapkan tak hanya menguasai ilmu agama tapi juga mampu membangun umat melalui ekonomi syariah dan menjadi pengusaha yang piawai menangkap peluang dalam dunia bisnis.

"Saya mengapresiasi Universitas Darunnajah yang memiliki Fakultas Bisnis. Nantinya, lulusan universitas akan menginspirasi dan mengharumkan dunia usaha Indonesia," kata Jusuf Kalla saat berbicara di hadapan para peserta konferensi internasional dan para santri.

Presiden Universitas Darunnajah Dr. KH. Sofwan Manaf menyatakan rasa syukurnya terkait peresmian kampus tersebut.

"Kita berjuang selama tujuh tahun untuk mendirikan universitas. Alhamdulillah SK-nya sudah turun pada 10 Juni kemarin," paparnya.

Universitas Darunnajah dikelola melalui wakaf yang manfaatnya diharapkan dapat menjangkau semakin banyak umat Islam dari tahun ke tahun.

"Kami mohon doa dari semuanya untuk bisa terus mendidik generasi bangsa dan berkhidmat kepada umat."

Apresiasi juga disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menerima kunjungan Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah dan sejumlah pengajar di kediaman resmi wakil presiden (15/8/2022).

"Saya mengapresiasi Darunnajah yang terus memajukan pendidikan Indonesia," ujar Wapres.

Dalam kesempatan itu, Wapres Ma'ruf Amin menegaskan bahwa Universitas Darunnajah tak hanya mencetak para ahli ilmu agama tapi juga harus mampu mencetak generasi pejuang yang mampu memakmukan bumi.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News