KOMENTAR

KUKU merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan dan dijaga kebersihannya. Ciri-ciri kuku yang sehat adalah selalu terlihat bersih, kuat dan tidak mudah patah. Selain itu tekstur permukaan kuku berwarna jernih, rata, dan berwarna sedikit merah muda pada bantalannya.

Bagi seorang perempuan, merawat kuku merupakan hal yang sangat penting karena kebersihan kuku merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap penampilan.

Kuku yang cantik, bersih, dan sehat tidak hanya menunjang kecantikan, tetapi dapat juga meningkatkan rasa percaya diri. Hal tersebut membuat banyak kaum hawa rela pergi ke salon untuk melakukan perawatan kuku.

Salah satu masalah yang kerap dialami perempuan adalah kuku yang rapuh. Untuk memperkuatnya, kita bisa melakukan sejumlah cara berikut ini di rumah.

Gunting kuku

Gunting kuku secukupnya, jangan terlalu pendek agar tidak menimbulkan luka.

Memijat area sekitar kuku

Gunakan minyak zaitun untuk memijat daerah sekitar kuku. Fungsinya adalah menguatkan kuku dan melembutkan kutikula. Sebelum menggunakan minyak zaitun, cucilah tangan dengan sabun sampai bersih lalu keringkan. Oleskan minyak zaitun di kuku dan sekitar kuku untuk memperlancar aliran darah dan membuat nutrisi kuku tercukupi.

Gunakan growth serum

Oleskan growth serum pada permukaan kuku dan kutikula setiap pagi agar kuku lebih kuat dan tidak rapuh.

Gunakan pelembap kuku

Hal yang menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah adalah kuku yang kering. Untuk mengatasinya kita dapat menggunakan pelembap kuku secara rutin, agar kuku terhidrasi dan mengurangi risiko kuku rapuh.

Gunakan lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Tanaman ini tidak hanya dapat digunakan untuk menyuburkan rambut, namun dapat juga digunakan untuk merawat kuku. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh jari tangan termasuk kuku, diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. Bila dilakukan secara rutin, maka kuku akan menjadi lebih bening dan bersih.

Konsumsi makanan bergizi

Agar kuku tetap sehat dan kuat, kita harus mengonsumsi makanan bergizi. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu kita juga dapat mengonsumsi daging dan ikan sebagai sumber protein yang dapat membantu regenerasi sel-sel kuku agar tetap sehat.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health