KOMENTAR

SIFAT lupa pasti dimiliki oleh hampir setiap orang. Bila terjadi sekali dua kali, mungkin masih dianggap wajar. Namun bila terjadi berkali-kali, sifat lupa tersebut bisa dianggap sebagai gejala kepikunan atau demensia.

Pikun atau penurunan daya ingat adalah kondisi di mana seseorang terlupa dengan hal-hal yang dilakukan sebelumnya. Selain itu dia juga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengingat segala sesuatu.

Seiring pertambahan usia, manusia mengalami perubahan fungsi organ-organ tubuhnya, termasuk otak. Diketahui bahwa kepikunan terjadi pada seseorang yang berusia lanjut atau mengalami penuaan.

Selain faktor usia, asupan nutrisi juga sangat mempengaruhi daya ingat seseorang. Untuk itu kita membutuhkan suplemen atau vitamin yang dapat memberikan manfaat untuk otak, termasuk untuk mencegah pikun.

Berikut ini adalah beberapa vitamin yang bermanfaat sebagai nutrisi untuk otak, antara lain:

Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan vitamin yang dapat mencegah penyusutan otak akibat kerusakan sel saraf. Semakin sehat dan kuat sel syaraf, maka semakin rendah risiko terjadinya penurunan daya ingat.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan penurunan memori seseorang. Karena itulah, untuk mempertahankan daya ingat, diperlukan asupan vitamin B12 yang cukup setiap harinya. Vitamin B12 dapat diperoleh dari sereal, susu, ikan, serta daging-dagingan.

Vitamin D

Seseorang yang kekurangan vitamin D dapat mengalami penurunan kognitif lebih cepat dan demensia. Namun bila asupan vitamin D cukup, maka ia tidak mudah terkena gangguan saraf. Untuk itu kita harus meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan tuna, jamur, susu, serta aneka buah-buahan. Di samping itu kita dianjurkan untuk berjemur untuk membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh secara optimal.

Vitamin E

Vitamin E dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah menurunnya fungsi kognitif serta hilangnya memori.

Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3, terutama EPA (eicosapentaenoic) dan DHA (docosahexanoic) memiliki peran penting terhadap kesehatan terutama otak. EPA dan DHA dapat melawan peradangan yang terjadi pada otak. Kedua jenis asam lemak tersebut berfungsi memperkuat antar sel dalam otak.




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health