KOMENTAR

INDONESIA memiliki aneka ragam kuliner yang lezat dan nikmat.

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak kuliner tradisional yang tak hanya lezat tapi juga bergizi.

Bubur Pedas

Meskipun namanya adalah Bubur Pedas, namun bubur ini rasanya tidak pedas. Bubur yang berasal dari Melayu ini terbuat dari beras yang disangrai lalu dimasak dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan bumbu lainnya.

Selain itu ditambahkan pula aneka sayuran antara lain wortel, kangkung, kacang panjang dan daun kesum, yang memberikan cita rasa khas bubur pedas. Pada saat akan disajikan, bubur ditambahkan pelengkap seperti teri kacang dan bawang goreng serta irisan jeruk nipis atau jeruk songkit dan sambal.

Tempoyak

Kuliner ini berasal dari daging durian yang difermentasi dengan menambahkan garam dan cabai, lalu dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan didiamkan selama beberapa hari pada suhu ruang. Dengan cita rasa manis dan agak sedikit asam, Tempoyak dapat dijadikan campuran untuk sambal goreng ikan atau udang.

Pacri Nanas

Makanan ini terbuat dari bahan dasar nanas dipotong-potong dan dimasak dengan aneka rempah dan santan hingga menyerupai gulai atau kari. Dengan cita rasa asam dan manis, Pacri Nanas umumnya dijadikan makanan pelengkap yang memberikan sensasi segar dan menghilangkan rasa berlemak dari daging atau ayam.

Tau Swan

Dikenal juga dengan nama Bubur Gunting. Makanan ini merupakan makanan khas Tionghoa. Dengan bahan dasar berupa kacang hijau kupas yang dimasak dengan kuah kanji yang manis dan diberi topping cakue kering gurih yang digunting-gunting. Kuliner ini cocok untuk dijadikan sarapan pagi.

Pengkang

Kuliner yang berasal dari Pontianak ini terbuat dari beras ketan atau beras pulut yang sudah diaron dan diberi isian ebi atau udang kering dan dibungkus dengan bentuk segitiga lalu dijepit menggunakan bambu. Baru setelah itu dibakar atau dipanggang sampai mengeluarkan aroma yang khas dan harum.

Pada jaman dahulu Pengkang sering dijadikan bekal untuk berburu ke hutan atau berkebun di ladang karena bentuknya yang praktis.

Bingka

Bingka merupakan kudapan manis khas Melayu yang terbuat dari tepung, santan, telur, gula pasir dan garam, lalu dipanggang dengan menggunakan cetakan bunga. Di Kalimantan Barat, Bingka dikenal dengan nama Bingke.

Pada perjalanannya bingka dapat dibuat dengan aneka rasa tidak hanya yang manis seperti pandan, keju, cokelat dan susu, namun juga rasa asin dengan topping daging. Bingka juga tidak hanya dapat dibuat dari tepung, tapi juga menggunakan kentang atau ubi sebagai bahan dasarnya.




Sandiaga Uno Apresiasi Dampak Positif Libur Lebaran bagi Pelaku Parekraf Tanah Air

Sebelumnya

Manis Istimewa Kurma Ajwa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon