Fenny Saptalia dan koleksi BATAVIA di JMFW 2023, ICE BSD Tangerang/Dok JMFW
Fenny Saptalia dan koleksi BATAVIA di JMFW 2023, ICE BSD Tangerang/Dok JMFW
KOMENTAR

JAKARTA tempo dulu ternyata sangat menarik untuk dikenang. Bangunan-bangunan tua yang tertata rapi, jalannya yang masih bersih dan belum terpolusi, menjadi inspirasi seorang Fenny Saptalia.

Mengeksplorasi Jakarta lewat BATAVIA menjadi pilihan Fenny saat mengisi hari kedua Jakarta Muslim Fashion Week (JMFS) 2023 di ICE BSD Tangerang. Menceritakan tentangt motif arsitektur abad ke-17, seperti Stasiun Kota, Museum Fatahilah, Museum Bahari, Museum Mandiri, dan lainnya.

“Kami menambahkan motif gravitasi untuk menciptakan efek modern dan kontemporer. Juga ornament gigi Balang pada motif yang dibuat untuk memperkuat unsur budaya Betawi yang kental dengan makna kehidupan Kota Jakarta,” kata Fenny ditemui di gelaran JMFW 2023.

Arti dari hiasan gigi Balang adalah hidup harus selalu jujur, rajin, ulet, dan sabar. Untuk menambah unsur kontemporer, gigi Balang dibuat dengan teknik 3D.

Koleksi yang dibuat dengan warna monokrom, hitam, dan warna stabilo seperti putih, hijau, oranye, magenta, dan kuning. Warna-warna cerah ini mewakili unsur kekinian.

“Kami menggunakan teknik cetak sublimasi dengan tinta Oeco Tex yang aman bagi lingkungan dan kulit sensitif untuk mencetak kain yang digunakan dalam koleksi ini,” ujar Fenny.

Gaya feminin kasual yang menggambarkan karakter wanita Jakarta yang selalu dinamis. Ada 8 look yang diproduksi dan menggunakan beberapa jenis kain, seperti Dutches, Wolly Crepe, dan Satin.

“Dengan dirilisnya koleksi ini, kami ingin mengingatkan masyarakat tentang cerita panjang dan kemegahan Kota Jakarta di masa lalu. Dan kita bisa melihat sisa-sisa kemegahan itu sampai sekarang,” demikian dia.

JMFW merupakan kegiatan yang diinisiasi Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). JMFW 2023 telah menampilkan 144 desainer/merek dagang lebih dari 1.000 koleksi.

“Capaian yang diraih pada JMFW 2023 sebesar Rp 206,6 miliar. Ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan buyer internasional terhadap keunggulan produk fesyen muslim tanah air,” demikian Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Mouna by Falasifa, Modest Wear Sporty-Casual yang Lahir dari Kedalaman Spiritual

Berikutnya

KOMENTAR ANDA