KOMENTAR

SEBAGAI penyaring darah dan pelaksana berbagai fungsi lainnya, ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital. Gangguan yang terjadi pada ginjal, akan membuat tubuh tidak berdaya.

Karena itulah sangat penting menjaga kesehatan ginjal. Terlebih lagi saat ini marak kasus gangguan ginjal akut. Meskipun menyerang anak-anak, tak ada salahnya orang dewasa lebih waspada.

Perhatikan hal-hal berikut ini untuk memastikan kesehatan ginjal kita.

Kadar gula darah. Jika kadar gula darah tidak terkontrol, maka seiring bertambah waktu, diabetes bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal.

Tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat menekan ginjal dan menjadi salah satu penyebab utama gangguan kesehatan ginjal. Usahakan tekanan darah stabil.

Konsumsi garam. Kita harus menjaga natrium tetap rendah (tidak lebih dari 2.300 miligram per hari). Jadilah konsumen cerdas untuk tahu berapa banyak garam digunakan dalam satu porsi.

Air putih. Kebutuhan air putih harus tercukupi agar tubuh selalu fit dan fungsi organ tubuh berjalan maksimal.

Alkohol dan rokok. Dua hal ini penting untuk dihindari agar ginjal terjaga kesehatannya. Rokok juga bisa berdampak buruk bagi ginjal terkait aliran darah ke organ tubuh.

Obat-obatan. Saatnya lebih waspada untuk tidak meminum obat yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Termasuk juga obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

Pola makan dan kebugaran tubuh. Pola makan sehat dan olahraga teratur baik akan membantu menjaga stabilitas tekanan darah dan gula darah.




Apa Itu Penyakit Kulit Rosacea?

Sebelumnya

Waspadai Dampak Negatif Sinar Matahari pada Kesehatan Bibir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health