KOMENTAR

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menyatakan akan segera memperbaiki Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) yang berlokasi di Koja, Jakarta Utara, setelah kubah masjid terbakar pada Rabu lalu (19/10/2022).

Perbaikan tersebut direncanakan dengan mengalokasikan dana dari APBD tahun 2022. Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang merumuskan proses perbaikan masjid.

"Yang penting harus bisa diperbaiki, kami akan lihat apakah perlu ada pembahasan tambahan anggaran dan lainnya, nanti kami lihat dengan pihak yang mengerjakan," jelas Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta (20/10/2022).

Masjid Jakarta Islamic Center terbakar pada Rabu (19/10/2022) sekitar pukul tiga sore, berawal dari bagian kubah yang tengah direnovasi. Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara langsung menangani kebakaran setelah ada laporan warga.

Kebakaran bahkan mengakibatkan kubah masjid runtuh setelah hampir setengah bagiannya terbakar. Detik-detik runtuhnya kubah Masjid JIC terekam kamera warga dan menjadi viral di media sosial.

Setelah pemadaman lebih kurang 1,5 jam dan proses pendinginan, proses selesai sekitar pukul tujuh malam.

Area Masjid JIC masih dalam penyisiran petugas Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri untuk kepentingan penyelidikan.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo menyampaikan bahwa ada dugaan kelalaian terkait kebakaran. Polisi telah meminta keterangan empat saksi yang merupakan pekerja renovasi masjid.

"Ada kelalaian, tapi masih kita dalami," ujarnya (20/10/2022).

Untuk sementara, penyebab kebakaran diduga berasal dari percikan api las pekerja menyambar bahan yang mudah terbakar. Upaya memadamkan gagal, ditambah lagi angin bertiup cukup besar hingga api membesar.

Kebakaran pada Rabu berasal dari lantai 3 bangunan yaitu bagian kubah masjid yang sedang direnovasi.

Keterangan Kepala Sub Divisi Informasi dan Komunikasi JIC Paimun Karim menyebutkan jemaah yang sedang berada dalam masjid langsung berlarian keluar setelah melihat api yang berkobar.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News