Arumi gaungkan pelestarian batik/ Dok. Kominfo Jawa Timur
Arumi gaungkan pelestarian batik/ Dok. Kominfo Jawa Timur
KOMENTAR

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin didapuk menjadi model untuk tampil di atas catwalk pembukaan Festival Batik 2022 di Jogja Expo Center, Yogyakarta (19/10/2022).

Dalam kesempatan istimewa bersama sejumlah pejabat Pemerintah Daerah DIY Yogyakarta, istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak itu mengenakan batik karya desainer lokal yaitu Sugeng Waskito.

Festival Batik 2022 yang digelar 19-23 Oktober 2022 ini mengambil tema “Jagaddhita Batik Jogja Istimewa Mendunia”, menyajikan pameran ratusan motif batik, lomba kreasi motif batik baru, juga seminar tentang batik.

Daerah Istimewa Yogyakarta diketahui telah dinobatkan sebagai Jogja Kota Batik Dunia oleh World Craft Council (WCC) pada tahun 2014.

Tangkapan layar Detik

"Yang saya kenakan ini adalah kombinasi, ada batik tulis dan seni lukis di atas bahan sutra. Dipakainya bagus sekali, mudah-mudahan (orang) yang melihatnya juga bilang bagus," ujar Arumi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DI Yogyakarta Syam Arjayanti menjelaskan bahwa Festival Batik 2022 adalah salah satu upaya anak bangsa untuk melestarikan warisan budaya tak benda sekaligus menjaga eksistensi Yogyakarta sebagai kota batik dunia.

Festival Batik juga menjadi wadah untuk mengangkat potensi batik, terutama di Yogyakarta. Pun secara umum, diharapkan dapat melejitkan batik dari berbagai daerah di Tanah Air dengan mengikutsertakan desainer dan perajin batik dari provinsi lain.

Tak hanya menggelar fashion show, Festival Batik 2022 juga menghadirkan proses pembuatan batik yang dipraktikkan langsung oleh beberapa perempuan pembatik.

Kepedulian terhadap batik telah digaungkan Arumi saat menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober setiap tahun.

Ia menyuarakan harapannya agar masyarakat menyadari pentingnya mencintai dan membeli produk dalam negeri.

"Di setiap goresan canting para seniman batik, terdapat filosofi, sejarah, dan doa. Tugas kita untuk melestarikannya dengan membeli dan membela batik Indonesia. Karena jika bukan kita, siapa lagi? Dan kalau bukan sekarang, kapan lagi?"




et cetera x Nadjani Luncurkan Koleksi CHARA: Merayakan Kebahagiaan dan Keberdayaan Perempuan

Sebelumnya

Hati-Hati Wajah Breakout Akibat Skincare Baru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga