Doa ibu yang sedang mengandung sangat bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan janin/Net
Doa ibu yang sedang mengandung sangat bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan janin/Net
KOMENTAR

MENANTI kehadiran buah hati adalah penantian yang sangat panjang. Dalam perjalanan itu, doa orangtua memainkan peranan penting, agar janin di dalam kandungan tetap sehat, kuat, dan berkembang dengan normal.

Dalam Islam, ada kumpulan doa yang bisa Bunda panjatkan dan amalkan selama masa kehamilan. Meski masih di tahap awal, Bunda bisa membacakannya agar dapat didengar janin.

Tujuannya tak lain adalah mengharapkan kandungan tumbuh kuat, sehat, dan sempurna tanpa ada satu kekurangan pun.

Bacakan Al-Fatihah

Sebagai surat pembuka dalam Al Quran, Al Fatihah memiliki banyak keutamaan. Ketika hamil, Bunda dianjurkan memperbanyak surat Al Fatihah untuk memohon keselamatan dan kesehatan, tidak hanya untuk janin yang dikandung tapi juga untuk kesehatan Bunda.

Tidak ada waktu khusus, Bunda bisa mengamalkannya kapan saja.

Bacakan Surat Fatir: 41

Pada fase awal kehamilan, umumnya ibu hamil rentan mengalami perdarahan yang berakibat pada munculnya rasa cemas. Selain dianjurkan melakukan bedrest, Bunda bisa berserah diri kepada Allah SWT dan membaca surat Fatir ayat 41:

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la’in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba’dih, innahu kana haliman gafara

Artinya:

“Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap. Dan jika keduanya akan lenyap, tidak ada seorangpun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun Lagi Maha Pengampun”.

Doa Agar Janin Diberikan Kesehatan

Tidak hanya diberikan kekuatan, Bunda pasti ingin bayi yang dikandung dalam keadaan sehat walafiat. Bunda bisa bacakan doa ini:

Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma’ii. Anta asy-syaafii laa syifaa ‘an illaa syifaa ‘uka syifaa ‘an laa yughaadiru saqama.

Artinya:

“Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya, Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain”.

Masih banyak doa-doa sederhana yang bisa Bunda baca dan amalkan setiap hari, seperti tiga surat terakhir dalam Al Quran dan surat Al-Hasyr.




Mematahkan Mitos Menikah di Bulan Syawal

Sebelumnya

Menyibak Rahasia Syawal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur