post image
Menjadi blogger bisa Bunda pilih untuk menghasilkan uang dari rumah/Net
KOMENTAR

URUSAN rumah sudah selesai dikerjakan, anak pun sudah diantar ke sekolah. Untuk mengisi kekosongan waktu itu, apa yang enak untuk dilakukan, ya Bunda?

Biar waktu luang Bunda bisa bermanfaat dan menghasilkan uang, tidak ada salahnya memilih pekerjaan sampingan. Dengan catatan, pekerjaan tersebut tidak menyita waktu Bunda yang lainnya, seperti menjemput anak sekolah atau menyiapkan makan siang untuk mereka.

Berikut ini, rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa Bunda lakukan untuk mengisi waktu luang dan menambah pemasukan rumah tangga.

Blogger atau Penulis Freelance

Bunda yang punya hobi menulis, bisa nih menjadi blogger atau penulis lepas (freelance) untuk mengisi waktu dan menambah pemasukan. Sebab, saat ini sudah banyak situs atau platform yang bisa menjadi ruang bagi Bunda untuk menawarkan jasa menulis.

Menjual Aksesoris Handmade

Bunda ahli merangkai manik-manik menjadi aksesoris? Yuk, coba dibuat di waktu luangnya dan promosikan aksesoris handmade Bunda lewat media sosial. Tak hanya aksesoris, ya Bunda. Kerajinan tangan lain yang punya nilai jual, seperti rajutan, juga bisa Bunda jual.

Dropshipper

Sebenarnya sama juga dengan jualan online, tapi bedanya Bunda tidak perlu menyetok dagangan di rumah. Bunda cukup menerima pesanan, lalu meminta penjual pertama untuk mengirimkan ke pelanggan.

Menjadi dropshipper itu minim modal, karena semua barang dan pengiriman sudah ditanggung oleh penjual pertama. Tapi, tentu ada keuntungan yang bisa Bunda dapat, sesuai dengan kesepakatan dengan penjual pertama.

Jasa Penitipan Hewan

Bunda juga bisa loh membuka jasa penitipan hewan. Tapi, pastikan lagi kalau Bunda punya ruang khusus untuk hewan-hewan tersebut.

Menyewakan Kendaraan

Pekerjaan sampingan ini cocok buat Bunda yang tinggal di daerah wisata dan punya kendaraan lebih. Misalnya, membuaka sewa motor atau mobil. Cukup tetapkan tarif sewa harian dan meminta kartu identitas penyewa. Untuk biaya bahan bakar, diserahkan kepada penyewa, ya Bunda.

Menjadi Guru Privat

Pekerjaan sampingan lain yang bisa Bunda kerjakan adalah menjadi guru privat. Manfaatkan teman-teman Ananda yang kurang dalam hal pelajaran. Selain mendapatkan uang tambahan, Bunda bisa membuat anak menjadi semangat belajar, karena ada teman-teman yang ikut belajar bersamanya.

Nah, kira-kira pekerjaan sampingan apa nih yang mau Bunda lakukan?




Mengenal Jenis Investasi, Saham atau Reksadana yang Aman untuk Pemula?

Sebelumnya

Ingin Tidur Nyenyak dan Nyaman, Kenali Jenis Kain yang Cocok untuk Seprai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family