post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KAMU termasuk pecinta kopi? Kapan biasanya minum kopi? Pagi hari biasanya dianggap sebagai waktu yang paling pas untuk minum kopi. “Biar lebih semangat,” begitu kata para penggemarnya.

Banyak orang minum kopi di pagi hari dengan tujuan untuk menambah stamina dan konsentrasi. Bahkan, mungkin beberapa ada yang langsung minum kopi ketika bangun tidur.

Bagi orang-orang yang sibuk bekerja, kopi sudah menjadi minuman andalan sehari-hari, karena kemampuannya yang dapat meningkatkan energi serta konsentrasi.

Khasiat ini didapat karena kandungan kafein dalam kopi cukup tinggi. Biasanya, para pekerja minum kopi di siang hari, untuk menekan rasa kantuk. Untuk yang lembur, minum kopi malam hari sangat dibutuhkan.

Kalau begitu, kapan waktu tepat minum kopi?

Jadi, waktu yang tepat minum kopi itu erat kaitannya dengan hormon stres yang bernama kortisol. Hormon ini merupakan salah satu hormon penting yang dihasilkan dari kelenjar adrenal dalam tubuh.

Menurut penelitian Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, jam produksi hormon kortisol mencapai puncak tertinggi adalah jam 08.00 – 09.00 pagi.

Tapi itu baru perkiraan, karena produksi hormon kortisol mengikuti ritme siklus tidur dan bangun. Pelepasannya akan memuncak sekitar 30-45 menit setelah bangun.

Misalnya, kamu bangun pukul 06.30, puncak hormon kortisol terjadi pukul 07.00 atau 07.15. Nah, waktu yang tepat untuk minum kopi adalah saat produksi hormon kortisol mulai menurun, tepatnya pada jam yang kita kenal dengan istilah coffee break, antara jam 9.30-11.30.

Kalau begitu, untuk mendapatkan manfaat dari minum secangkir kopi yang maksimal adalah pagi hingga siang hari. Untuk waktu pasnya, mengikuti ritme siklus tidur dan bangun, ya.




Apa Benar Makanan Kekinian Jadi Penyebab Utama Kanker Payudara pada Remaja?

Sebelumnya

Tidak Hanya Kanker Payudara, 8 Jenis Kanker Ini Bisa Serang Usia 20

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health