Bupati Berau Sri Juniarsih Mas (dua dari kiri), memimpin langsung HUT ke-69 Kabupaten Berau/Farah
Bupati Berau Sri Juniarsih Mas (dua dari kiri), memimpin langsung HUT ke-69 Kabupaten Berau/Farah
KOMENTAR

DI hari ulang tahunnya yang ke-69, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, me-launching akses Wifi gratis untuk 13 kecamatan. Peresmian dilakukan langsung Bupati Berau Sri Juniarsih Maksir, yang langsung melakukan teleconference dengan beberapa kecamatan yang sudah terpasang akses Wifi gratis.

Tidak hanya itu, Bupati Berau memberikan penghargaan kepada perusahaan, pemimpin kampung, dan tokoh masyarakat. Lalu, memberikan beasiswa secara simbolis kepada mahasiswa dan pelajar, juga hadiah kepada pemenang lomba HUT Kabupaten Berau.

Tegakkan Gotong Royong

Kabupaten Berau memiliki ibukota bernama Kota Tanjung Redeb. Perjalanan yang cukup panjang telah dilewati Kota Tanjung Redeb, sejak dua abad silam. Mulai dari era kerajaan, kesultanan, hingga era Pemerintahan Republik Indonesia.

Sejak dulu, Banua Sanggam ini dibangun secara gotong royong. Catatan sejarah menuliskan bahwa Kerajaan Berau berdiri dengan bersatunya tujuh banua. Ragam suku dan masyarakat adat dari daerah pesisir dan hingga pedalaman, Bersatu padu hingga kekuasaan Berau terdengar hingga ke Sulu (Philipina).

Begitu juga saat terjadi peperangan melawan penjajah, Raja Alam bertempur dibantu beragam suku yang telah turun temurun berdiam di wilayah kerajaan.

Hingga kini, Kabupaten Berau masih melanjutkan tradisi gotong royong tersebut. Salah satunya terlihat dari pesta ikan Irau Manutung Jukut atau pesta ikan gratis, yang dilaksanakan di sepanjang tepian jalan.

Koordinator acara diserahkan pada Dinas Perikanan setempat dan diikuti oleh puluhan nelayan dari 13 kecamatan di Kabupaten Berau.

Selamat Ulang Tahun Kabupaten Berau.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News