Maia Estianty/Net
Maia Estianty/Net
KOMENTAR

BEBERAPA hari lalu, di kanal YouTube milik Deddy Corbuzier, penyanyi Maia Estianty mengungkap fakta mengejutkan. Ia mengaku mengidap penyakit kulit bernama Rosacea, yang tidak bisa disembuhkan.

“Aku punya penyakit rosacea yang mukanya tuh kayak gampang ada jerawat terus merah. Itu enggak bisa sembuh, semacam auto imun. Kadang-kadang kalau lagi keluar negeri, kan pasti kena matahari, itu pasti kumat,” kata Maia mengutip kanal YouTube Deddy, Jumat (9/9).

Lalu, apa sih rosacea itu?

Rosacea adalah penyakit kulit yang menyebabkan kemerahan pada wajah. Penyakit ini disebabkan oleh kombinasi faktor keturunan dan lingkungan. Selain kemerahan, rosacea juga menghasilkan benjolan kecil, merah, dan berisi nanah. Tanda ini bisa berlangsung selama berminggu-minggu, bahkan hingga berbulan-bulan.

Sebenarnya, siapa saja bisa mengalami rosacea, tapi umumnya penyakit kulit ini menyerang wanita paruh baya yang memiliki kulit berwarna terang.

Memang belum ada obat khusus untuk rosacea, tapi pengidapnya bisa melakukan perawatan untuk mengontrol dan mengurangi gejala.

  • Bersihkan wajah dengan lembut

Lakukan dua kali sehari. Tapi, kebanyakan wanita yang terkena rosacea enggan membersihkan wajah lantaran mudah teriritasi.

Cara membersihkan yang aman tanpa mengiritasi kulit adalah memilih pembersih yang ringan. Jangan memakai sabun, karena umumnya dicampur bahan kimia tertentu yang bisa memperparah iritasi.

Oleskan dengan lembut menggunakan ujung jari, kemudian bersihkan dengan gerakan memutar.

Kemudian, bilas dengan air hangat dan usap menggunakan ujung jari. Pastikan pembersih sudah benar-benar hilang, karena jika meninggalkan sisa akan menyebabkan iritasi. Setelah selesai, tepuk-tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk berbahan katun.

  • Pakai pelembab

Oleskan pelembab menggunakan ujung jari dan ratakan pula dengan ibu jari secara lembut.

  • Pakai tabir surya

Paparan sinar matahari dapat memperburuk rosacea. Caranya, gunakan tabir surya atau sunscreen. Oleskan sebelum bepergian keluar rumah, pun saat cuaca berawan atau mendung. Pilih tabir surya yang mengandung seng oksida, titanium diosida, atau keduanya. Hindari yang memiliki wewangian, dan pilih tabir surya dengan SPF-30 atau lebih.

  • Gunakan skincare yang aman

Hindari produk yang mengandung alcohol, kamper, asam glikolat, asam laktat, mentol, sodium lauryl, sulfate, urea, dan wewangian. Untuk mengurangi iritasi, pilih produk yang bertekstur krim daripada losion atau gel.

Disarankan pula untuk menggunakan astringent atau toner, untuk meningkatkan sensitivitas kulit.

Jangan lupa untuk melakukan tes sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Caranya, oleskan sedikit produk ke area dekat kulit yang rentan terhadap rosacea. Diamkan selama 72 jam untuk melihat reaksinya.

Jika tidak ada sensasi seperti rasa terbakar, menyengat, dan lain-lain, pemakaian boleh dilanjutkan.

Perlu diingat, hindari menggosok atau menyentuh wajah terlalu sering. Hindari pula mengusap wajah menggunakan waslap, spons wajah, atau produk pengelupasan kulit.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health