Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ANAK belum tentu paham dengan apa yang diajarkan guru di sekolah. Karena terkadang, anak masih suka kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan kepadanya.

Itu yang menjadi alasan orangtua kemudian memasukkan anak ke sebuah bimbingan belajar (bimbel), bahkan memanggil guru privat di rumah.

Mudah bagi orangtua untuk memilih tempat Bimbel mana yang cocok dengan anak. Tapi kalau soal guru privat, orangtua harus lebih teliti. Karena ini bukan hanya perkara pengalaman belajar yang tinggi, tapi ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

  • Pastikan kualifikasinya

Kualifikasi dan keterampilan guru privat sangat penting. Pastikan bahwa guru memiliki pengalaman yang diperlukan untuk membantu anak. Syukur-syukur, mereka lulusan jurusan mata pelajaran yang diajarkan. Contoh, guru privat Bahasa Indonesie, minimal lulusan Sastra Indonesia, Sarjana Pendidikan, atau Sarjana Linguistik.

  • Cari rekomendasi

Alangkah baiknya jika orangtua mendapat rekomendasi guru privat dari orang lain atau guru. Jadi, mudah bagi orangtua untuk mengetahui apakah guru privat itu cocok dengan gaya belajar anak atau tidak.

Yang paling penting, orangtua bisa tahu berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan.

  • Minta sesi trial

Jika memungkinkan, minta sesi trial terlebih dulu. Perkara apakah berbayar atau tidak, tergantung kesepakatan.

Sesi trial ini membantu orangtua untuk memerhatikan calon guru dan anak berinteraksi. Dari situ, orangtua akan tahu apakah guru tersebut tepat untuk mengajar Ananda atau tidak.

  • Guru yang aktif

Tidak hanya mampu mendekati anak, sebaiknya guru privat juga memberikan feedback pada orangtua. Misalnya, memberikan evaluasi, report, atau sekadar obrolan ringan tentang perkembangan belajar anak.

Memiliki guru privat memang banyak keunggulannya. Di antaranya, anak bisa belajar lebih fokus dan lebih leluasa bertanya serta mengeksplor kemampuan. Sebab, ada anak yang memang ‘pemalu’ saat berada di kelas.

Tidak hanya itu, orangtua juga bisa memantau perkembangan akademik anak. Sejauh mana anak sudah paham dengan pelajaran-pelajaran yang diprivatkan.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family