Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Ibu Fery Farhati memberikan trofi kepada Abang Jakarta Terpilih Andika Pratama disaksikan None Terpilih Zaida Jameela/ Foto: ANTARA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Ibu Fery Farhati memberikan trofi kepada Abang Jakarta Terpilih Andika Pratama disaksikan None Terpilih Zaida Jameela/ Foto: ANTARA
KOMENTAR

KE Ancol lewat Kota Tua
Paling enak naik Transjakarta
Malam final ini saya buka
Lahirkan AbNon kebanggaan Jakarta

Untaian pantun yang dilatunkan dan pukulan gendang yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan, menandakan dibukanya malam final pemilihan Abang dan None Jakarta 2022 yang diadakan pada Jumat 2 September 2022 yang bertempat di Teater Ciputra Artpreneur, Jl. Prof. DR. Satrio Kav.3-5, Jakarta Selatan.

Pada pidato pembukaan, Anies menyatakan rasa syukur acara Pemilihan Abang None Jakarta 2022 kembali digelar, setelah pemilihan terakhir dilakukan pada 2019 silam. Dengan wajah bangga beliau menyampaikan bahwa Abang dan None Jakarta tahun 2019, yang bertugas selama 3 tahun, tidak hanya berperan sebagai Duta Pariwisata namun juga bertugas sebagai Duta Jakarta yang mengerjakan tugas-tugas kemanusiaan.

Setelah vakum selama 2 tahun karena pandemi COVID-19, acara ini kembali digelar dengan diikuti oleh 18 pasang finalis yang berasal dari seluruh wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Bertindak sebagai dewan juri 9 tokoh masyarakat serta publik figur diantaranya adalah Helmi Yahya, Poppy Dharsono, Ratih Sanggarwati dan psikolog Rose Mini.

Maliq D’Essentials dan HIVI! juga turut hadir memeriahkan acara sebagai penghibur.

Dalam kesempatan tersebut yang terpilih menjadi Abang Jakarta 2022 adalah Andika Pratama , finalis dari Jakarta Pusat dan  Zaida Jameela Heinrich, finalis dari Kepulauan Seribu.

Sementara itu posisi Wakil 2 Abang None Jakarta 2022 diraih oleh Firmansyah Raharjo dari Jakarta Selatan dan Gisella Belicia Almar dari Jakarta Timur.

Sedangkan Saif Ali Syah dari Jakarta Pusat dan Salwa Rafila dari Jakarta Selatan didaulat menjadi Wakil 1  Abang dan None Jakarta 2022.

Pada tiga besar Andika, founder Sejuta Tangan Untuk Negeri, berhasil menjawab pertanyaan Anies Baswedan, apakah Jakarta sudah layak disebut sebagai kota global?

"Jakarta sudah bisa dikatakan sebagai kota global, pembangunan-pembangunan infrastruktur yang mendunia adalah salah satu contoh bahwa Jakarta adalah kota global” Andika. Menurutnya artifisial intelijen dan Terowongan Kendal adalah merupakan langkah konkret pemerintah. Ia juga mengatakan mencintai Jakarta yang dilakukan dengan bahasa isyarat.

Sementara para finalis None Jakarta diberikan pertanyaan tentang apa yang akan dilakukan bersama tim penggerak PKK DKI Jakarta  untuk membuat kota Jakarta menjadi lebih manis dan penuh harapan.

Zaida menyatakan keinginannya untuk mengembangkan konsep energi berkelanjutan, seperti yang ada pada Pulau Sebirah di Kepulauan Seribu yang memiliki akses solar panel.

"Kita semua tahu Kepulauan Seribu sulit untuk akses listrik. Hingga pada 2020, Pulau Sebirah memiliki akses terhadap solar panel," ujar Zaida.

Anies berharap para finalis Abang dan None Jakarta 2022 dapat bertugas tidak hanya menjadi duta Pariwisata, namun mereka dapat menjadi duta Jakarta yang bertugas mewakili Jakarta dalam konteks kota global dan menjadi gambaran stok anak muda hebat di Jakarta yang dapat dibanggakan di masa depan.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News