Keindahan deretan pinus dan pemandangan alam di Goa Pinus/ Foto: Native Indonesia
Keindahan deretan pinus dan pemandangan alam di Goa Pinus/ Foto: Native Indonesia
KOMENTAR

BANYAK dari kita pergi ke tempat wisata untuk menjauh sejenak dari hiruk pikuk kota yang serba sibuk.

Nah, salah satu lokasi wisata yang menawarkan pengalaman berbeda adalah Goa Pinus yang berada di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Akses menuju Goa Pinus bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempat wisata ini dibuka untuk masyarakat pada pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Sesuai namanya, Goa Pinus, panorama di tempat ini menyuguhkan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Tak heran bila suasana di Goa Pinus terasa begitu sejuk.

Suasana alam yang sejuk dan panorama yang indah menjadi tempat yang sesuai untuk kita menghirup udara segar sekaligus menyegarkan pikiran. Pemandangan pedesaan dan hamparan persawahan dari ketinggian Goa Pinus terlihat sangat indah.

Goa Pinus asalnya adalah kawasan bekas penambangan pasir yang kemudian diperbaiki dan diperindah menjadi destinasi wisata alam yang sangat nyaman dikunjungi.

Salah satu daya tarik dari Goa Pinus adalah sebuah goa yang sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Goa tersebut berupa goa kecil yang digali pasukan Jepang. Ukuran goa yaitu tinggi lebih kurang 1,5 meter dan kedalaman hanya 5 meter.

Di dalam goa kecil tersebut terdapat bebatuan. Kondisi di goa tidak terlalu gelap karena sinar matahari bisa masuk ke dalamnya.

Dengan tiket masuk 10 ribu rupiah per orang, pengunjung juga tak perlu khawatir karena fasilitas penunjang wisata seperti area parkir, toilet, mushala, dan cafe ada di sini.

Tak hanya pemandangan alam yang indah dan menenangkan, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai spot foto yang unik. Mulai dari sangkar lingkaran, balon udara, rumah Papua, gazebo akar, perahu melayang, juga pos kayu unik.

Spot foto tersebut menggunakan bahan baku dari bambu dan kayu. Di Lego spot misalnya, pengunjung bisa melakukan swafoto dengan berbagai variasi berlatar pemandangan alam yang menakjubkan.

Spot foto yang unik selanjutnya adalah Rumah Papua, yang didesain layaknya rumah adat masyarakat Papua.

Tak hanya menarik sebagai tempat berfoto, Rumah Papua juga bernilai edukatif karena memperkenalkan warisan budaya Nusantara.

Dengan banyaknya spot yang instragammable, tak heran banyak anak muda berkunjung ke lokasi wisata ini.




Melongok Universitas Tertua Al Quaraouiyine

Sebelumnya

Dakhla, Kota Bertemunya Gurun dan Laut

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon