Mengenakan busana karya desainer Toera Imara, Kang Emil dan Ibu Cinta melenggang penuh semangat kemerdekaan/ Foto: Instagram @ridwankamil
Mengenakan busana karya desainer Toera Imara, Kang Emil dan Ibu Cinta melenggang penuh semangat kemerdekaan/ Foto: Instagram @ridwankamil
KOMENTAR

NAMA Toera Imara di jagat fesyen Indonesia bukanlah sosok baru. Pemilik nama asli Turyanang yang lahir pada 4 Maret 1970 ini telah berkarya di industri fesyen sejak awal 1990-an.

Perayaan hari jadi ke-77 provinsi Jawa Barat pada 19 Agustus 2022 di Lapangan Gasibu, Bandung menjadi momen bahagia untuk sang desainer senior.

Gubernur Ridwan Kamil mengunggah video di laman Instagram saat ia bersama sang istri, Atalia Praratya berjalan bak model papan atas di runway fashion week mengenakan busana rancangan Toera yang terlihat unik.

Diawali dengan sketsa hingga menghasilkan karya, Toera membagikan rasa bahagianya atas pilihan orang nomor satu di Jawa Barat itu mengenakan karyanya.

"Alhamdulillah...bangga dengan kain yang memiliki kearifan lokal...kain sarung khas Majalaya...menjadi sebuah karya yang mempesona. Hatur nuhun pisan Pak Ridwan Kamil & Ibu Atalia yang mempercayakan outfitnya by @toeraimara_official," tulis Toera.

Kain khas Majalaya tersebut merupakan kreasi yang dihadirkan Dekranasda Jawa Barat.

Kepiawaian Toera mendesain busana terasah dengan mengikuti pendidikan desain fesyen di sekolah modeling dan fashion studio Intermodel Bandung.

Selepas lulus tahun 1989, ia bekerja sebagai desainer di sejumlah perusahaan garmen terkenal di kota Bandung. Bahkan hingga tahun 2003, namanya tercatat sebagai head designer beberapa office wear garment.

Namanya melejit sebagai desainer busana Muslim di Tanah Air dengan label Imara Exclusive. Eksistensi Toera sebagai desainer terus bertahan dengan eksplorasi tanpa henti terhadap kekayaan budaya Nusantara.

Toera saat ini juga berprofesi sebagai fashion design coach di Olle Independent School of Design yang memberikan pembekalan bagi anak-anak dan remaja yang bertalenta dan memiliki passion di bidang rancang busana.

Anggota Ikatan Perancang Busana Muslim (IPBM) Jawa Barat ini menikah dengan Irma Primawati. Dari pernikahan tersebut, Toera memiliki dua buah hati yaitu Ivanda Imaradevi dan Athariza Faza Ramadhandy.

Ia juga menulis sejumlah buku fesyen, di antaranya berjudul Classical Beauty dan Beauty Reincarnates: Busana Muslim dan Kerudung Kreasi Toera Imara.




Lengkapi Busana Kerjamu dengan Koleksi Syakeph Official x Anggiasari Mawardi

Sebelumnya

Hijab Pashmina untuk Gaya Simpel nan Anggun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga