post image
KOMENTAR

HARI Senin, seringkali menjadi momok bagi sebagian orang ketika akan memulai aktivitas di awal minggu. Slogan I hate Monday seolah menjadi hal yang umum bagi kita untuk tidak menyukai hari Senin. Rutinitas yang padat dan kemacetan lalu lintas seolah menandakan bahwa Senin adalah hari yang penuh beban.

Di rasa tidak suka sebagian besar orang terhadap hari Senin, ternyata hari tersebut merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat muslim.

Hari Lahir dan wafatnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam

Hari Senin merupakan hari kelahiran Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wassalam. Beliau lahir di Makkah pada hari Senin 12 Rabiul Awal 570 M.

Allah Subhanahuwata’ala menjelaskan dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 21 mengenai perilaku Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam.

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS Al Ahzab : 21)

Berdasarkan ayat tersebut kita dapat mengambil hikmah bahwa hari Senin merupakan hari kelahiran suri tauladan kita, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam, seseorang yang berbudi pekerti amat mulia yang amat kita rindukan syafaatnya di yaumil akhir nanti.

Selain hari kelahiran, Senin juga merupakan hari wafatnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam.

Beliau wafat di Madinah pada usia 63 tahun, di hari Senin, 12 Rabiul Awal 11 H atau 8 Juni 632 M.

Dosa-dosa akan diampuni

Seringkali ketika hari Minggu malam kita cemas dan tidak bersemangat karena beberapa jam lagi akan bertemu hari Senin. Padahal sepatutnya kita bersemangat dalam menyambut hari Senin, karena pada hari tersebut Allah Subhanahuwata’ala akan mengampuni dosa-dosa kita.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda

"Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Muslim)

Hari diturunkannya Al Quran

Keutamaan hari Senin berikutnya adalah hari diturunkannya Al Quran pertama kali di Gua Hira.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda :

“Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, hari aku diutus, dan hari diturunkannya al-Qur’an kepadaku.”(HR Muslim)

 

Dibukanya pintu surga

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”(HR Muslim)

Dianjurkannya berpuasa

Pada hari Senin, umat Islam dapat berpuasa sunnah, sebagaimana yang dilakukan  oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,




Aa Gym: Prank Itu Dusta, Haram Hukumnya

Sebelumnya

Menjaga Diri dari Meminta-minta

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur