Cantika Abigail/ Net
Cantika Abigail/ Net
KOMENTAR

KATA cantik selalu menempel pada setiap wanita. Cantik secara fisik menjadi idaman para kaum hawa. Punya kulit yang mulus, wajah yang ayu, dan paras menawan, adalah sebuah impian.

Tapi ketika Allah memberikan cobaan, berupa sebuah penyakit Psoriasis, impian tersebut seperti sulit diwujudkan. Depresi dan rasa malu justru hadir tanpa diminta.

Begitulah kira-kira yang dialami penyanyi Cantika Abigail, seorang penyintas autoimun psoriasis.

Untuk diketahui, psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang terasa gatal. Psoriasis biasanya muncul di kulit bagian lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Terkena Psoriasis Sejak 2011

Putri pasangan Jean Pattikawa dan Djoko Imam Santoso ini bercerita, awalnya ia divonis menderita psoriasis pada 2011. Dimulai dengan munculnya rasa gatal di kulit kepala.

"Awalnya di kepala, gatel banget. Terus aku coba garuk sampai berdarah. Setelah periksa ke dokter, ternyata aku kena psoriasis," kenang Cantika, seperti dikutip dari Yahoo.

Sayangnya sampai saat ini penyebab psoriasis belum diketahui. Hanya saja ini terkait adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Beberapa faktor seperti stres, infeksi tenggorokan, dan cuaca dingin dapat memicu munculnya psoriasis.

"Kalau aku (salah satu) pemicunya karena udara dingin. Semakin dingin udaranya, (kulit) semakin gatal.karena semakin kering," kata penyanyi yang punya album "Ode to Blue" ini.

Alami Stres dan Depresi

Setelah mengetahui penyakit yang dideritanya, wanita kelahiran Jakarta, 12 Juli 1993 ini semoat mengalami depresi dan stres. Apalagi saat ini usianya masih sangat remaja.

"Tahun itu tahun di mana aku mengalami perpindahan dari masa SMA ke masa kuliah. Tingkat stresnya tiba-tiba berubah jadi lebih tinggi. Waktu itu aku masih belum mengerti mengelola stres dengan baik itu seperti apa," aku dia.

Apalagi ketika Cantika tahu, psoriasis ini belum ada obatnya. Salah satu perawatannya adalah dengan menjaga pola makan sehat, yaitu mengonsumsi makanan nabati dan menghindari makanan hewani serta alkohol.

Pesan Cantika: Terbukalah

"Dulu aku belum terbuka tentang psoriasis, karena aku masih malu dan belum nyaman. Setelah aku terbuka, ternyata mereka malah nyemangatin aku. Jadi aku merasa, oh ternyata psoriosis ini nggak punya power apa-apa terhadap aku," kata Cantika.

Dari keterbukaan itu ia menilai, bahwa harga diri seseorang tidak ditentukan oleh penyakit atau kesalahan di masa lalu, melainkan dari progres diri dan keinginan untuk menjadi lebih baik.

Ia juga berpesan:

- Hindari konsumsi daging merah dan dairy produk seperti susu dan keju.
- Kelola stres debgan baik dan istirahat yang cukup untuk meredakan gejala psoriosis.
- Jangan mengabaikan gejala awalnya.
- Berjemur di bawah sinar matahari, terutama di pagi hari.

"Tidak perlu merasa takut dan cemas berlebihan apabila menderita penyakit tertentu. Terbukalah, karena dengan begitu kamu akan mendapat pelajaran-pelajaran penting untuk menyembuhkan penyakitmu," demikian kata pemain film "Friend Zone" ini.
 




Pesona Cut Syifa Jadi Muse di Fashion Show House of Dimas Singgih

Sebelumnya

Teaser “Nightmares and Daydreams” Resmi Dirilis, Mengintip Dunia Misterius dari Kacamata Joko Anwar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment