post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MAKAN merupakan aktkvitas rutin manusia. Memilih makanan bernutrisi tinggi sangat diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh.

Tapi tahu tidak, ternyata tidak cukup makanan bernutrisi untuk membuat tubuh tetap fit. Cara mengunyah makanan pun harus diperhatikan dengan benar.

Mengapa? Selain agar tidak tersedak, mengunyah makanan dengan benar atau secara perlahan akan mengubah makanan menjadi partikel kecil yang sempurna, sehingga bjsa dicerna dengan mudah oleh tubuh.

Dengan begitu, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa diserap sempurna. Memcerna merupakan tugas terberat bagi tubuh. Karena itu, dengan mengunyah secara benar maka kamu ikut meringankan tugas sistem pencernaan.

Manfaat Mengunyah dengan Benar

Mengunyah dengan benar dipercaya membantu sistem pencernaan dalam mengolah makanan. Manfaat lain dari mengunyah dengan benar adalah:

1. Menurunkan berat badan

Tanpa disadari, saat kamn mengunyah makanan secara perlahan, kamu akan makan dengan jumlan yang lebih sedikit. Banhak penelitian yang mengklaim, cara ini secara otomatis membantu dalam program menurunkan berat badan.

2. Membuat gigi kuat

Mengunyah merupakan olahraga ringan yang baik untuk kesehatan gigi, sehingga gigi menjadk kuat.

3. Meningkatkan suasana hati

Mengunyah membuat kamu bisa menikmati rasa dan sensasi dari makanan itu sendiri. Dan rasa makanan yang nikmat mampu meningkatkan suasana hati.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Saat mengunyah lebih lama, air liur akan diseksresikan. Air liur ini berisi enzim tertentu yang bisa memecah makanan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

5. Mencegah gangguan pencernaan

Saat makanan tidak terkunyah dengan baik, ketika mencapai usus potingan makanan tersebut bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung, sembelit, atau diare.

6. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi

Tidak semua makanan di dalam perut diahancurkan dengan sempurna. Nah, mengunyah yang benar akan membuat makanan menjadi lebih kecil. Makanan yang kecil akan membuatnya bergerak lebih mudah dan membuat penyerapan nutrisi jadi maksimal.

7. Mencegah diabetes

Diabetes tidak melulu berkaitan dengan masalah konsumsi gula. Diabetes dapat terjadi ketika lambung dan usus yang memproses makanan lama, karena tekstur makanan yang masuk kasar. Itulah mengala mengunyah dengan benar sangat bermanfaat mencegah diabetes.

Cara Mengunyah Makanan dengan Baik

Mengunyah makanan juga ada seninya. Mengutip Healthline, ini cara mengunyah makanan dengan baik:

- Ambil makanan secukupnya saja, dan pastikan makanan tidak sampai berjatuhan.
- Ketika makanan sudah di mulut, tutuplah bibir dan mulai mengunyah.
- Lidah Anda harus memindahkan makanan dari satu sisi ke sisi lainnya, agar tidak satu sisi gigi saja yang mengunyah.
- Rahang Anda juga harus sedikit berputar.
- Kunyahlah makanan secara perlahan, hitung hingga 32 kali dalam setiap gigitan.

Anda mungkin perlu mengunyah dalam jumlah lebih besar, tergantung pada jenis makanan. Setelah tekstur makanan melunak, Anda dapat menelannya.




Mengapa Persahabatan Bisa Berakhir? Simak Sebabnya Agar Tak Terjadi Pada Anda

Sebelumnya

Kenali Distimia, Depresi Kronis Jangka Panjang yang Berbahaya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family