post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BAHASA tubuh atau gestur tubuh adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal. Gestur tubuh sering digunakan untuk menyampaikan pesan yang biasanya berupa istarat, pandangan mata, sentuhan dan lainnya.

Gestur tubuh seringkali menjadi penanda tentang apa yang sedang dipikirkan seseorang, termasuk jika ia sedang berbohong atau menyimpan rahasia.

Namun kebanyakan bahasa tubuh akan terlihat ketika seseorang sedang berbohong. Misalnya menggigit bibir, memiringkan kepala, dan lainnya.

Berikut ini 12 bahasa tubuh yang memperlihatkan atau menandakan seseorang sedang berbohong:

1. Mengubah posisi kepala secara tiba-tiba

Saat kamu bertanya tentang sesuatu kepada lawan bicara perhatikan gerakan kepalanya. Apakah ada gerakan kepala yang dilakukan secara tiba-tiba atau tidak.

Jika ada gerakan kepala seperti berpaling, bergerak ke bawah atau ke atas secara tiba-tiba yang kontras dengan bahasa tubuhnya, itu artinya ia sedang merasa cemas dan mencari-cari jawaban atas pertanyaan yang sedang kamu ajukan.

2. Pernapasannya berubah cepat atau melambat

Tubuh menunjukkan reaksi yang sama ketika seseorang berolahraga dan berbohong. Rasa lelah dan kecemasan berlebih akan membuat pernapasan seseorang secara tiba-tiba menjadi lebih cepat.

3. Nada dan kecepatan suaranya berubah

Saat seseorang berbohong, mereka secara tidak sengaja akan mengeraskan nada bicaranya untuk menutupi kecemasannya atau sebaliknya, berbicara dengan suara yang lembut untuk menutupi sesuatu.

4. Tubuhnya diam, tidak bergerak

Bergerak saat berbicara dengan seseorang adalah hal yang wajar. Maka ketika seseorang tiba-tiba terdiam saat ditanyakan tentang sesuatu hal, bisa dipastikan ia sedang bingung untuk mencari jawabannya.

5. Mengulang kata-kata yang sama

Mereka cenderung mengulang kata-kata yang sama hingga beberapa kali untuk meyakinkan lawan bicara dan dirinya sendiri atas kebohongan yang sedang dilakukan.

6. Memberikan terlalu banyak informasi

Saat orang berbicara terlalu detil, bisa jadi ia sudah mempersiapkan dengan matang kebohonhannya hingga ia pun sudah menyiapkan antisipasi jawaban atas pertanyaan kamu selanjutnya.

7. Menyentuh atau menutup mulut

Ini artinya ia ingin menjaga jarak dengan diri kamu. Jadi jika ia tetap melanjutkan perbincangan, bisa jadi ia sedang menciptakan kebohongan.

8. Menggerakkan kaki

Sesaat ia ingin lari dari pertanyaan yang kamu ajukan. Namun karena tidak bisa, akhirnya susunan kata yang keluar bisa jadi adalah sebuah kebohongan.

9. Menggunakan gestur yang tidak sesuai

Ketika ia berbohong, di alam bawah sadarnya ia akan melakukan gerakan tubuh atau gestur yang tidak sesuai. Misalnya mengatakan tidak tapi sambil menganggukkan kepala.

10. Sulit berbicara atau terbata-bata



Close X

Jangan Siram Tanaman saat Siang Hari, Ini Sebabnya!

Sebelumnya

Ada 4 Cara Agar Dihormati Orang Lain, Apa Saja?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family