Ilustrasi pijat oksitosin/ Net
Ilustrasi pijat oksitosin/ Net
KOMENTAR

AIR susu ibu (ASI) adalah asupan utama bagi bayi hingga usia 24 bulan. ASI yang optimal bisa didapat dari konsumsi makanan bergizi tinggi oleh ibu ditambah kondisi ibu yang baik, jauh dari stres.

Selain dua hal tersebut, ada cara lain untuk memproduksi ASI secara maksimal dan berkualitas. Yaitu dengan cara pijat oksitosin.

Mengenal Pijat Oksitosin

Pijat oksitosin dilakukan di punggung ibu, tepatnya di sepanjang tulang belakang. Tujuannya untuk melancarkan keluarnya ASI.

Ya, pijat ini diyakini mampu memicu peningkatan produksi hormon oksitosin, yaitu hormon yang membantu tubuh dalam proses pengeluaran ASI. Oksitosin sendiri akan bereaksi ketika Bunda mendapatkan sentuhan. Hormon ini diproduksi di otak bagian belakang, yang efek kerjanya mirip morfin.

Pijat oksitosin akan efektif jika dilakukan secara rutin dengan lembut dan penuh kasih sayang. Dengan begitu mama akan bahagia, rileks, tekanan darah turun dan membantu mengurangi rasa nyeri. Juga meningkatkan rasa percaya, cinta, dan bonding pada orang terdekat.

3 Manfaat Penting Pijat Oksitosin

Selain memperlancar keluarnya ASI membuat Bunda semakin rileks, dan mengurangi stres, ada 3 manfaat penting lainnya dari pijat oksitosin.

1. Meningkatkan hormon prolaktin dan menurunkan hormon kortisol

Prolaktin merupakan hormon yang diproduksi di bagian depan kelenjar hipofisis (pituitary), rahim, otak, payudara, prostat, lapisan lemak, kulit, dan sel-sel imun. Produksinya dikendalikan oleh hormon dopamin dan estrogen.

Fungsinya untuk merangsang produksi ASI dan pertumbuhan payudara, juga membantu pengaturan siklus haid. Kadar hormon prolaktin pada wanita akan meningkat selama masa kehamilan hingga menyusui dan akan normal kembali setelah beberapa bulan menyusui.

Sedangkan hormon kortisol Adan hormon yang memproduksi stes. Ketika jumlah hormon stres meningkat, pembuluh darah akan menyempit. Hal ini membuat aliran darah dan pasokan oksigen ke janin berkurang, sehingga mengganggu tumbuh kembangnya.

2. Melancarkan Let Down Reflex

Let down Reflex adalah reflek alami keluarnya ASI dari payudara. Saat si kecil sudah memasukkan puting ke mulut dan mulai menghisap, sinyal akan terkirim ke otak untuk memproduksi hormon prolaktin dan oksitosin.

Refleks ini sangat penting, karena merupakan salah satu kunci keberhasilan menyusui. Kalau Let down Reflex lancar, si kecil juga akan meras puas, berat badan naik, dan tumbuh secara sempurna.

3. Membuat Tubuh Rileks

Pijat oksitosin yang rutin dapat memengaruhi sistem saraf Perifer, yang kemudian membantu mengurangi nyeri serta melancarkan aliran darah ke seluruh jaringan tubuh. Dengan begitu mama akan lebih santai, tenang, tidak stres, dan tidur lebih nyenyak.

5 Langkah Melakukan Pijat Oksitosin dan Hal yang Harus Diperhatikan

Pijat oksitosin lebih menyenangkan jika dilakukan bersama dengan Ayah. Minta bantuan Ayah untuk melakuka pijatan ini.

Berikut 5 langkah pijatan oksitosin:

1. Posisikan tubuh senyaman mungkin, bisa bersandar ke depan dengan bantal sebagai penyangga. Atau bersandarlah pada meja.

2. Mulai pijatan di kedua sisi tulang belakang dengan mengepalkan tangan dan ibu jari menunjuk ke depan.

3. Pijat kuat dengan gerakan melingkar.

4. Ulangi pijatan di sisi tulang belakang ke arah bawah sampai sebatas dada, mulai dari leher sampai ke tulang belikat.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family