Masjid Al-Rahma di Toxteth, Liverpool/ Net
Masjid Al-Rahma di Toxteth, Liverpool/ Net
KOMENTAR

MASJID Al-Rahma di Toxteth, Liverpool memenangkan penghargaan bergengsi British Beacon Mosque Awards 2021 untuk kategori Best Outreach Service (Layanan dengan Jangkauan Terbaik).

“Merupakan suatu kehormatan bagi Masjid Al-Rahma, masyarakat Muslim Liverpool, dan warga Liverpool untuk menerima penghargaan bergengsi ini,” kata juru bicara Masjid Al-Rahma seperti dilansir ECHO (10/12/2021).

Mengutip laman beaconmosque.com, Beacon Mosque Awards merupakan penghargaan masjid pertama di dunia yang terbagi dalam 10 kategori bertujuan untuk mengapresiasi kinerja lembaga Islam tersebut di tengah masyarakat. Tahun ini merupakan tahun keempat digelarnya penghargaan tersebut.

Beacon Mosque Awards dibuat untuk menyoroti peran penting yang dimainkan masjid dan pusat-pusat Islam di komunitas lokal dalam berkontribusi pada tatanan sosial Inggris.

Penghargaan ini mendorong masjid-masjid untuk berlomba dalam optimalisasi fungsi dan peran mereka, termasuk dalam penjangkauan kaum muda, praktik manajemen dan tata kelola, serta pemeliharaan masjid.

Penghargaan diberikan berdasarkan penilaian terhadap upaya masjid menjangkau masyarakat di luar komunitas masjid tersebut, di antaranya dengan mengundang komunitas lain dalam berbagai kegiatan masjid.

Sejarah Al-Rahma

Masjid Al-Rahma yang terletak di Hartherley Street, Toxteth, Liverpool merupakan bagian dari sejarah Islam bukan hanya di Liverpool melainkan di Inggris. Inilah masjid tertua alias masjid pertama yang ada di Inggris.

Data liverpoolmuslimsociety.org.uk menyatakan bahwa Masjid Al-Rahma dikelola oleh The Liverpool Muslim Society yang merupakan badan amal Muslim terdaftar di Liverpool, Inggris. Masjid ini didirikan pada tahun 1953 oleh Al-Haj Ali Hizzam, dimulai dari sebuah ruangan di rumahnya.

Pembangunan Masjid Al-Rahma dimulai pada 1965 dan aula utama selesai dibangun pada 1974 untuk melayani 3.000 penduduk Muslim kala itu.

Setelah lebih dari tujuh dekade, populasi Muslim Liverpool saat ini tercatat lebih dari 25.000 orang. Seiring bertambahnya populasi Muslim di Liverpool, masjid telah mengalami beberapa kali proyek perluasan. Pada ibadah shalat Jumat, Al-Rahma bisa menampung antara 2.000 hingga 2.500 jemaah.

Berdasarkan penelusuran Farah.id, ada banyak aktivitas yang dilaksanakan di Masjid Al-Rahma selain kegiatan ibadah shalat. Seperti fungsi masjid di Indonesia, Al-Rahma juga dipakai untuk sarana konsultasi Islam, pendidikan Islam bagi anak-anak, kelas hafidz Al-Qur’an, tempat akad nikah, hingga penyelenggaraan jenazah.

Masjid ini juga terbuka untuk kunjungan murid sekolah, acara olahraga, aktivitas ibu dan balita, grup diskusi, serta penggalangan dana.

Terlebih di saat pandemi COVID-19, Al Rahma menjalankan tugas penting menjadi klinik vaksinasi selama pandemi dengan membuka pintu masjid untuk semua masyarakat dan selalu menggalakkan kampanye vaksinasi. Masjid ini juga melakukan berbagai aktivitas  seperti penggalangan dana bagi para tunawisma dan lansia, donor darah, juga buka puasa online. Semua ini tak luput dari penilaian dewan juri Beacon Mosque Awards.

Berlokasi di dekat markas klub sepakbola Liverpool, dua pemain andalan mereka, Mohamed Salah dan Sadio Mane diketahui selalu datang ke masjid ini untuk melaksanakan shalat Jumat. Kedua bintang The Reds tersebut merupakan simbol dari kebanggaan masyarakat Muslim di Liverpool.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News