Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

DI saat masa-masa pertumbuhannya, seorang anak memerlukan data tahan tubuh yang kuat. Anak yang memiliki tubuh yang sehat, tumbuh kembangnya akan sempurna.

Untuk menjaga daya tahan tubuh anak, Bunda perlu memerhatikan asupan gizinya. Makanan dengan sumber vitamin dan mineral tinggi dipercaya mampu membuat anak "tangguh" di segala medan.

Tidak hanya makanan, buah-buahan pun menjadi pendukung terbaik dalam memenuhi asupan gizinya dan membentuk daya tahan tubuh yang kuat.

Ada 10 buah-buahan yang dipercaya mampu membentuk dan menjaga daya tahan tubuh anak.

1. Apel

Buah ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan anak dalam masa tumbuh kembangnya. Apel kaya akan vitamin C dan mineral. Apel juga rendah kalori, yaitu hanya 90 kalori untuk ukuran sedang.

Kelebihan lainnya adalah apel kaya akan serat, yaitu 5 gram per setiap apel yang belum dikupas kulitnya. Serat ini sangat berfungsi untuk mencegah anak dari diare dan sembelit.

2. Pisang

Buah ini sangat baik untuk anak yang aktif, sebab ia kaya karbohidrat yang membantu meningkatkan kekuatan otot dan sebagai sumber energi.

Sebab di dalam pisang terdapat vitamin B yang sangat tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan sistem saraf.

Juga sumber serat, vitamin C, dan potasium yang menjaga jantung si kecil tetap sehat dan kuat. Dan yang terpenting, pisang tidak mengandung lemak sehingga tidak khawatir anak kegemukan.

3. Alpukat

Kandungan alpukat tidak boleh dianggap remeh. Buah yang satu ini memiliki lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh. Lemak ini membantu mengurangi peradangan dan menjaga kadar kolesterol sehat.

Kesehatan jantung si kecil juga akan terjaga dengan rutin mengonsumsi alpukat. Kandungan vitamin E nya juga menjaga kinerja sel darah merah dan menjaga kerusakan pada membran yang melindungi sel tubuh manusia.

4. Jeruk

Semua orang tahu, jeruk kaya vitamin C. Satu buah jeruk memenuhi kebutuhan vitamin C manusia untuk 2 hari.

Apalagi kandungan dalam sebuah jeruk? Ada serat dan beta karoten, juga gula alami (glukosa, fruktosa, sukrosa).

Kulitnya pun bermanfaat untuk kesehatan. Serpihannya mengandung antioksidan yang menjaga kulit si kecil dari radikal bebas.

5. Jambu biji

Memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah, seperti vitamin C, serat, folat, vitamin A, kalium, tembaga, dan mangan. Itu semua bisa kamu dapat dalam sebuah jambu biji.

Antioksidan yang terdapat dalam jambu biji terbukti mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, dan membantu mengurangi risiko terserang penyakit kronis.

Kandungan pektin yang melimpah juga baik untuk pencernaan, mencegah kanker usus besar, dan menetralkan radikal bebas.

6. Pepaya

Ampuh menangkal kanker karena mengandung antioksidan Likopen. Kandungan enzim papain dalam pepaya juga membuat protein lebih mudah dicerna.




Penyebab Telat Menstruasi Yang Perlu Diwaspadai

Sebelumnya

Mendinginkan Tubuh Pasien Jadi Salah Satu Langkah Awal Mengatasi Korban Heatstroke

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health