post image
Arawinda Kirana/ Net
KOMENTAR

AJANG Festival Film Indonesia (FFI) 2021 baru saja digelar Rabu (10/11) di Jakarta Convention Centre, Senayan. Dalam ajang ini setidaknya ada 22 kategori juara yang diberikan untuk para pekerja seni.

Arawinda Kirana, mendapatkan piala Citra FFI 2021 ini untuk kategori Pemain Utama Wanita Terbaik lewat film YUNI.

Meski masih terbilang muda dan kiprahnya masih belum banyak diketahui publik, perempuan kelahiran 27 September 2001 ini mampu mengalahkan senior-seniornya seperti Wulan Guritno dan Nirina Zubir yang juga menjadi kandidat peraih piala Citra tahun ini.

Sebelumnya, film YUNI juga mendapatkan penghargaan di Toronto Film 2021 sekaligus menjadi wakil Indonesia di ajang Oscar

Siapa Arawinda Kirana?

Berperan sebagai seorang pelajar SMA dalam Film YUNI, Arawinda Kirana ternyata sudah menekuni dunia akting dan seni tari sejak kecil.

Kecintaanya pada dunia akting tak main-main, Arawinda ternyata menempuh pendidikan formal dunia akting dan lulus dari sekolah Perkumpulan Mandiri 2019. Ia juga merupakan alumni sekolah penulisan skenario di New York Film Academy tahun 2020.

Film Antalogi Quarantine Tales yang tayang tahun 2020 lalu menjadi debut pertamanya sebagai aktris layar lebar. Tak disangka, meski aktingnya di  segmen Happy Girls Dont Cry adalah debut perdananya, ia langsung mendapatkan anugerah sebagai aktris pendatang baru di ajang penghargaan Maya 2020.

Masyarakat luas mulai mengenal namanya sejak ia membintangi serial musikal Nurbaya yang tayang di channel youtube Indonesia Kaya sejak 1 Juli 2021 sebanyak 6 episode.

Saat diumumkan menjadi pemeran utama terbaik oleh Lukman Sardi, di depan tamu undangan dan juga Presiden Joko Widodo, Arawinda nampak tak bisa menyembunyikan kegembiraanya.

 “Terima kasih kepada FFI atas apresisai ini. Dan orang pertama yang  saya ucapkan terima kasih, Kamila Andini. Kamila Andini ini orang pertama yang memberikan saya  kesempaatan bermain di film, juga Mas Ivan Sancha. Terima kasih untuk kesempatan dan kepercayaan bagi saya untuk  menyuarakan isu-isu yang penting. Terima kasih kepada keluarga ke saya Kite Entertaimen dan keluarga pertama saya, mama, ayah dan Findra serta teman-teman saya,” tutur Arawinda dengan suara bergetar.

Di akhir speech kemenangannya, Arawinda mengatakan kalau film ini ia dedikasikan pada perempuan yang merasa tidak didengar, terbatasi mimpinya dan pekerjaannya, juga terbatasi untuk mengekspresikan diri karena perbedaan gender.

Film YUNI akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai 9 Desember 2021.
 

Close X

Cantik Jelita dengan Gelung Ciwidey, Krisdayanti: Asa Jadi Mojang Priangan

Sebelumnya

Cut Meyriska : Film Pintu Surga Terakhir Mengingatkanku Pada Almarhum Ayah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment