post image
KOMENTAR

"HARI terbaik saat matahari terbit adalah Jumat. Di atasnya Adam diciptakan dan dimasukkan ke surga. Pada hari Jumat juga, Adam diusir dari surga Firdaus. Dan hari kebangkitan (kiamat) tidak akan terjadi pada hari selain Jumat". (HR Muslim)

Hadist di atas menunjukkan bahwa betapa istimewanya hari Jumat bagi umat muslim. Pada hari tersebut, manusia yang diciptakan pertama kali oleh Allah SWT dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan, Allah menyebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jumat.

Keistimewaan tersebut membuat hari Jumat bertabur banyak pahala. Dan Allah menjanjikan, siapa saja umatnya yang melakukan perbuatan baik (sunnah), maka akan diberikan pahala berlimpah.

Sunah apa saja yang membuat seorang muslim mendapatkan limpahan pahala?

Bersumber dari beberapa hadits Nabi, ada 8 amalan sunnah yang sebaiknya dikerjakan setiap Jumat.

1. Membaca surat Al-Kahfi dan mentadaburinya

Dalam hadits dari Abu Sa'id Al-Khudri ra disebutkan:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

"Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah." (HR. Ad-Darimi)

Hadits lain mengatakan, "Barangsiapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR. Al-Baihaqi)

2. Membaca surat As-Sajdah dan Al-Insan saat shalat Shubuh di hari Jumat

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata:

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِ (الم تَنْزِيلُ) فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى وَفِى الثَّانِيَةِ ( هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا)

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam biasa membaca pada shplat Shubuh pada hari Jum'at "Alam Tanzil...." (Surah As-Sajdah) pada rakaat pertama dan "Hal ataa 'alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro" (Surat Al-Insan) pada rakaat kedua." (HR Muslim No 880)

3. Mandi dan bersih-bersih

Mandi dan membersihkan diri di hari Jumat merupakan amalan yang sangat dianjurkan.

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

"Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi.” (Muttafaqun 'alaih). (HR Al-Bukhari No 877 dan Muslim No 844)

Tak hanya mandi, disunahkan pula untuk memotong kuku, rambut, bulu kemaluan dan bulu ketiak, serta bersiwak.

Imam Nawawi Ra mengatakan, "Imam Syafii dan para ulama mazhab Syafi'iyah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan) pada hari Jumat." (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab, 1:287)

4. Memperbanyak shalawat Nabi

Dari Abu Umamah Al-Bahily Ra, Rasulullah bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari Kiamat nanti." (HR. Al-Baihaqi)

Close X

Saring Sebelum Sharing; Kiat Terhindar dari Dosa Medsos

Sebelumnya

Rebutan Hak Asuh, Apa Motifnya?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur