Menteri Penerangan Harmoko bersama Presiden Soeharto/Net
Menteri Penerangan Harmoko bersama Presiden Soeharto/Net
KOMENTAR

SAYA berada di kota Medan, Sumatera Utara, untuk persiapan terakhir penyenggaraan Festival Film Indonesia 1983 ketika Presiden Soeharto  mengumumkan anggota kabinetnya. Kabinet Pembangunan IV (19 Maret 1983-22 Maret 1988)  yang dibentuk Presiden Soeharto dengan Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah.

Dalam jajaran kabinet itu termasuk nama  Ketua Umum PWI Pusat Harmoko. Dia diangkat sebagai Menteri Penerangan Republik Indonesia, menggantikan Letnan Jendral TNI Ali Murtopo.

Rombongan Panitia FFI yang mengikuti  pengumuman di layar TV, sontak bersorak gembira. Bagi kalangan film Harmoko  adalah insan film yang dulu berkiprah sebagai wartawan film. Punya  hubungan  erat dengan tokoh-tokoh penting perfilman Indonesia seperti Djamaluddin Malik, pendiri Parfi Surjo Sumanto, dan Usmar Ismail. Bahkan dengan H Misbach Jusa Biran, Soekarno M Noer,  Harmoko sama-sama dedengkot komunitas Seniman Senen yang lagendaris itu. Jangan lupa Harmoko juga seorang karikaturis.

Menang Banyak

Jabatan Menteri Penerangan jelas bergengsi dalam kabinet. Akses bertemu Presiden sangat terbuka luas.

Penunjukan Harmoko sebagai Menpen, akan semakin menarik jika dihubungkan dengan kisah di baliknya.

Jendral Ali Murtopo ternyata sempat  meminta kepada Presiden untuk  tetap sebagai Menpen. Namun, Pak Harto tak mengabulkan. Alasannya fungsi Menpen berat sementara  Pak Ali waktu itu menderita sakit jantung.

Ini mengulang kisah keberuntungan Harmoko yang menurut istilah populernya selalu "menang banyak" dalam situasi sulit. Sebelumnya juga begitu ketika terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat (1973-1978) hingga dua priode (1978-1983). Pemilihan Harmoko mengakhiri kepengurusan kembar PWI hasil kongres XIV tahun 1970 di Palembang, Sumatera Selatan.

Selama satu priode itu (1970-1973) PWI punya dua pengurus. Ada PWI Ros (Ketua Umum Rosihan Anwar, Sekjen Jakob Oetama) dan PWI Diah (Ketua Umum BM Diah, Sekjen PG Togas). Pada Kongres XV PWI Desember 1973 di Tretes, Jawa Timur PWI kembali kepengurusan tunggal.

Dua  suhu pers Indonesia itu akhirnya sepakat  menerima  jalan tengah: Harmoko Ketua Dewan Pelaksana PWI priode 1973-1978. Adapun BM Diah dan Rosihan Anwar dalam posisi menempati posisi sebagai Dewan Pembina.

Ketum Golkar Pertama

Dua puluh tahun kemudian Harmoko kembali mengulang suksesnya. Ia terpilih sebagai Ketua Umum Golkar priode 1993-1998. Harmoko menjadi Ketua Umum keenam Golkar sekaligus  orang non militer pertama yang menduduki jabatan tersebut. Lima pengurus sebelumnya semuanya militer. Mulai dari ketua umum pertama Jendral Djuhartono, Suprapto Sukowati, Amir Moetono, Sudharmono, dan Wahono.

Setelah Pemilu 1997, yang dimenangkan Golkar dengan perolehan suara sekitar 74 persen (PPP 22 persen dan PDI 3 persen) mengantarkan Pak Harto kembali terpilih untuk keenam kalinya sebagai Presiden RI. Dengan BJ Habibie sebagai Wapres. Menjadi pengetahuan umum, kesediaan Pak Harto untuk kembali menjadi Presiden itu atas bujukan dan jaminan Harmoko bahwa “rakyat memang menghendaki Pak Harto lanjut”. Perolehan suara Pemilu Golkar memang menjadi bukti kuat. Tak terbantahkan. Secara formal legalistik.

Harmoko sendiri terpilih sebagai Ketua DPR/MPR-RI. Ketika krisis multidimensi menimpa Indonesia (Mei 1998)  yang mendorong mahasiswa turun ke jalan  menuntut reformasi, Harmoko bikin kejutan.

Dia pula dalam posisi sebagai Ketua DPR-RI yang meminta Pak Harto lengser. Perubahan sikap itu yang membuatnya selamat dari amukan gerakan reformasi. Ia dianggap ikut berjasa menurunkan Pak Harto. Tapi Golkar sempat diamuk massa, yang menuntut pembubarannya.  Dianggap biang keladi kerusakan bangsa Indonesia. Sarang  praktek KKN rezim Orde Baru.

Pasca reformasi, Harmoko kembali ke habitatnya sebagai wartawan. Mengisi hari-harinya dengan menulis  secara teratur mengisi rubrik tetapnya

"Kopi Pagi" di Harian "Pos Kota"

Semasa hidup almarhum telah menulis beberapa buku. Antaranya, "Zaman Edan", dan "Nasihat Harmoko Untuk Anak-Anak dan Cucu-Cucu".

Wartawan yang terkenal ulet dan ligat ini lima tahun terakhir memang menghadapi masalah kesehatan yang serius.  Penyakit itu menghambat aktifitasnya.

Minggu (4/7) malam pukul 20.15 Harmoko datang berita duka itu: Harmoko dipanggil menghadap Ilahi Rabbi. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD, Gatot Subroto Jakarta.

Harmoko wafat dalam usia 82 tahun, meninggalkan seorang istri, tiga anak dan 9 cucu. Harmoko lahir di Nganjuk Jawa Timur, 7 Februari 1939. Wartawan sukses ini mengawali karir dunia jurnalistik dari bawah sekali.

Ia pertama kali bekerja sebagai wartawan di Harian Angkatan Bersenjata (1965). Setelah itu bersama kawan-kawannya menerbitkan Harian Pos Kota (1970) yang  fenomenal.

Harian Pos Kota, salah satu dari sedikit surat kabar yang dalam kurun lama menikmati kelezatan industri pers Indonesia. Kesuksesan itulah yang mengantar Harmoko ke percaturan politik level Nasional.

Berkaca pada sukses Harmoko, itu semakin menguatkan kata pepatah hanya yang bekerja keras berhak atas sukses. Banyak kawannya mengetahui Harmoko muda memang pekerja keras, rajin dan tekun jika mengerjakan sesuatu. Dan, pantang menyerah.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News