KOMENTAR

GERAKAN Kpop5planet menginisiasi petisi #Tokopedia4bumi dengan tujuan mendesak perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia itu untuk menggunakan 100% sumber energi terbarukan pada tahun 2030. Diluncurkan pada tanggal 21 April 2021, petisi ini telah ditandatangani 1000 ARMY dan BLINK yang meminta Tokopedia bergerak aktif menyelamatkan bumi dari krisis iklim.

Petisi pada tautan tokopedia4bumi.kpop4planet.com adalah sebuah gerakan solidaritas para fandom Kpop yang tersebar di seluruh dunia. ARMY adalah fandom band BTS sedangkan BLINK adalah fandom Blackpink yang menjadi brand ambassador Tokopedia di awal tahun 2021.

Blink Official Indonesia berharap Tokopedia sebagai perusahaan unicorn Indonesia mau menjadi bagian RE100; sebuah inisiatif global yang menyatukan bisnis paling berpengaruh di dunia demi mendorong transisi ke arah 100% energi terbarukan.

Terlebih lagi, Blackpink adalah duta UNFCCC untuk KTT Iklim PBB ke-26 dan banyak berkampanye tentang kesadaran pentingnya penggunaan energi secara bijak. Mereka berharap Tokopedia dapat memberi respons positif akan petisi tersebut.

Diperkirakan, jejak emisi karbon Tokopedia saat ini telah meningkat signifikan seiring pertumbuhan pesatnya dalam lima tahun terakhir. Untuk mendukung operasional, Tokopedia menyewa pusat data di seluruh Indonesia. Konsumsi listrik ke pusat data tersebut menghasilkan emisi karbon yang sangat tinggi yang didominasi energi fosil yaitu batu bara.

Sementara itu di berbagai negara di dunia, rencana dekarbonisasi telah menjadi tren bisnis yang diimplementasikan sejumlah perusahaan teknologi global seperti Amazon, Google, Netflix, Apple, serta perusahaan merger potensial yang juga Rekan Tokopedia yaitu Gojek.

Dalam petisi tersebut, Kpop4planet meminta Tokopedia:

1.Menjadi contoh sebagai perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia dan berjanji untuk mendapatkan listrik dari 100% energi terbarukan (seperti energi surya dan angin) pada tahun 2030.

2.Mengungkap jejak karbon yang dihasilkan untuk operasional perusahaan kepada publik.

3.Menetapkan rencana dekarbonisasi jangka panjang sesuai standar internasional seperti Perjanjian Paris.

Nurul Syarifah dari Kpop4planet mengatakan bahwa target petisi ini adalah 2030 penanda tangan. Petisi tersebut akan langsung terkirim ke email CEO Tokopedia William Tanuwijaya. "Kami berharap para penggemar Kpop lain juga beraksi bersama kami membuat perubahan. Kami ingin terus bernyanyi bersama idola kami dalam bumi yang sehat," ujar Nurul.




Taylor Swift (Lagi-Lagi) Cetak Sejumlah Rekor Lewat Album Terbarunya, The Tortured Poets Department

Sebelumnya

Perjalanan Karier Widuri Puteri, Tuai Banyak Pujian Berkat Aktingnya di Film “Siksa Kubur”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment