Disainer Rosie Rahmadi/ FARAH
Disainer Rosie Rahmadi/ FARAH
KOMENTAR

SAZIA Outer merupakan salah satu produk dari Maison Gadiza, brand yang diusung oleh desainer Rosie Rahmadi. Sazia Outer menjadi satu-satunya pengalaman yang tak terlupakan bagi Rosie, lantaran pada awalnya didesain untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri.

"Saya bikin Sazia Outer itu awalnya karena saya gampang sekali masuk angin. Terus saya berpikir, bagaimana kalau saya bikin jaket yang bisa melindungi dari hujan dan angin kencang. Itulah awal mula saya bikin Sazia Outer," cerita Rosie saat sesi Storytelling Designer di ajang MUFFEST 2021 di Kota Kasablanca Jakarta.

Walaupun berfungsi sebagai pelindung, namun Rosie tetap mengedepankan sisi fashionnya. Mulai dari pemilihan bahan berupa serat nilon dan Polyester yang water repellent, cepat kering, dan ringan.

"Jadi walaupun jaket, tapi tidak tebal dan mudah dilipat terus dimasukin ke tas. Simpel banget, nggak berat buat dibawa ke mana-mana," lanjutnya.

Yang tidak disangka-sangka oleh Rosie, Sazia Outer yang dirilisnya pada 2016 ini di masa pandemi justru menjadi salah satu "muat have item" (barang yang harus dimiliki). Hal tersebut didukung dengan beberapa fitur produk seperti panjang jaket yang melebihi pinggang, hoodie sebagai penutup kepala, serta bahan yang anti air.

"Paling tidak, dapat mengurangi rasa cemas seseorang ketika harus keluar rumah di tengah kondisi pandemi saat ini. Tentu saja ditambah dengan protokol lainnya seperti membawa handsanitizer, sosial distancing, memakai masker, dan lainnya," saran Rosie.

Sazia Outer memang menjadi kebanggaan bagi seorang Rosie Rahmadi. Sempat dibawanya untuk mengikuti pameran di Jepang, Sazia Outer justru melebihi ekspektasi.

"Terjual habis, padahal saya bawa satu koper. Di situ saya bawa Sazia dengan warna-warna yang lucu dan unik. Nggak disangka, semua suka," kenang dia.

"Itulah, ketika kita mendesain sesuatu dengan memikirkan fungsinya, manfaatnya, kegunaannya dan menjadi solusi sebuah permasalahan, sangat berguna dan bermanfaat sampai sekarang. Karena bahan anti air, panjang, dan bisa melindungi, di masa pandemi ini Sazia Outer jadi juaranya aku jualan," demikian Rosie.

Untuk ke depan, dia ingin lebih membuat desain yg sustainable. Sebenarnya penerapan sustainable mulai dilakukan di berbagai bidang, tidak hanya saat mendesain dan memilih bahan, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mulai mengurangi sampah plastik dengan tidak jajan di luar dan membuka jendela lebar-lebar. Maksudnya agar sirkulasi udara lebih baik, minim penggunaan listrik, dan di masa pandemi seperti sekarang justru lebih baik.

 




Panduan Urutan Skincare Malam yang Efektif: Memaksimalkan Perawatan Kulit saat Beristirahat

Sebelumnya

Dian Pelangi, Sumber Inspirasi Outfit Elegan dan Memukau untuk Lebaran

Berikutnya

KOMENTAR ANDA