Merawat kuku kaki dengan tepat akan membantu pelari terhindar dari luka saat berlari/Net
Merawat kuku kaki dengan tepat akan membantu pelari terhindar dari luka saat berlari/Net
KOMENTAR

DEAR runners, pernahkah Anda mengalami luka di kaki, terutama pada bagian ibu jari kaki saat berlari? Kondisi tersebut umum terjadi terutama pada mereka yang gemar berlari, karena area itu biasanya mengalami tekanan sehingga bisa terjadi luka atau pembengkakan.

Namun, bagaimana caranya agar luka atau pembengkakan semacam itu bisa dicegah?

Dokter spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto Sp.KO, melalui unggahan Instagram @michaeltriangto baru-baru ini, menjelaskan bahwa luka atau pembengkakan pada jari kaki pelari terjadi karena kuku yang menusuk pada tepian ibu jari.

"Jika sudah bengkak atau luka, yang harus dilakukan adalah berhenti (berlari), dan melakukan pembersihan luka bila mana ada dan diberikan antibiotik," jelasnya.

Dokter Michael juga menjelaskan bahwa cara untuk mencegah luka pada ibu jari kaki saat berlari adalah dengan merawat kuku dengan tepat.

"Mengetahui dengan benar cara memotong kuku-kuku kaki, terutama kuku dari ibu jari kaki," jelasnya.

Karena kuku pada kaki, terutama ibu jari kaki tebal, maka sebelum potong koko kaki, sebaiknya lebih dulu merendam kaki dengan air hangat selama sekitar 10 sampai 15 menit agar kuku kaki lebih lunak dan lebih mudah dipotong.

"Memotong kuku di kaki pun sebaiknya menggunakan dua jenis penggunting kuku. Yang pertama gunting kuku biasa, dan yang kedua gunting kuku yang berbentuk seperti tang untuk kuku ibu jari kaki," sambungnya.

Untuk kuku ibu jari kaki, pertama-tama yang harus dilakukan adalah memotong kuku dengan rata dan tidak dibulatkan.

"Bila dibulatkan, kita memungkinkan untuk luka ataru tergores oleh gunting kuku," kata Dokter Michael.

Setelah itu, kuku yang sudah dipotong lurus, biarkan tumbuh lurus. Selama dua hingga tiga kali masa potong kuku, kuku ibu jari tersebut biarkan dipotong lurus seperti itu.

"Setelah dua hingga tiga kali masa potong kuku, baru gunting kuku ibu jari kaki dengan gunting kuku yang berbentuk seperti tang dan dibuat bulat," tandasnya.




Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Sebelumnya

Mitos Micin Bikin Bodoh, Ahli: Tidak Ada Kaitannya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health