post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PEMERINTAH masih menetapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ini artinya, kesempatan anak bersama gadget masih sangat besar.

Orangtua perlu melakukan kontrol terhadap penggunaan gadget, utamanya bagi anak-anak di bawah umur atau remaja awal. Sebab, anak-anak pada usia itu banyak ingin tahu dan sebisa mungkin mencari lebih luas di aplikasi yang digunakannya.

Misalnya, mengunduh aplikasi hingga menonton tayangan di YouTube atau juga eksplorasi foto serta video di Instagram.

Untuk menghindari hal negatif yang tidak diinginkan, ada baiknya Ayah dan Bunda memasang fitur parental control di tiga aplikasi berikut ini:

1. Google Play Store

Caranya, masuk ke halaman muka Google Play Store. Kemudian, ketuk opsi di bagian kiri atas, lalu pilih settings atau pengaturan.

Setelah masuk, ketuk bagian Parental Control lalu aktifkan. Buat nomor PIN dan dilanjutkan dengan memilih konten yang akan kamu batasi dari anak.

Cara ini cukup efektif, setidaknya unduhan aplikasi yang tidak diperlukan akan dibatasi.

2. YouTube

Aplikasi ini cenderung lebih mudah, karena anak gampang mencari sesuatu dengan basis gambar apalagi video.

Gunakan layanan YouTube Kids yang telah disetel otomatis menampilkan video ramah anak. Atau, coba aktifkan Parental Control di pilihan pengaturan akun YouTube.

3. Instagram

Karena aktifnya anak memegang gadget, aplikasi yang satu ini kini menjadi favorit. Meski belum ada pengaturan kontrol orangtua bawaan di Instagram, coba lakukan beberapa langkah berikut ini:

• Bentuk akun menjadi private untuk membatasi konten hanya bagi orang-orang yang saling mengikuti.
• Aktifkan opsi Batasi Akun, sebagai langkah kontrol orangtua membatasi akun-akun yang dianggap  tidak sesuai kontennya untuk dikonsumsi anak.
• Non aktifkan komentar, karena nyatanya banyak orang yang terpancing setelah membaca komentar negatif, termasuk anak.

Dengan melakukan beberapa langkah kontrol orangtua ini, akan membantu Ayah dan Bunda melakukan pendampingan terhadal penggunaan gadget anak.

 

Close X

Wajib Tahu! 9 Masalah Parenting yang Sering Terjadi dan Solusinya

Sebelumnya

Ingin Anak Berkarakter Positif? Hal Inilah Yang Perlu Ayah Bunda Lakukan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting