post image
Ilustrasi anak divaksin/ Net
KOMENTAR

KABAR baik menyangkut pemberian vaksin Covid-19 untuk anak-anak dan remaja.  Vaksin yang dikembangkan China National Biotec Group (CNBG), bagian dari China National Pharmaceutical Group (Sinopharm), disebut-sebut dapat dipergunakan dan ampuh melawan banyak varian virus corona untuk segala umur.

"Uji lawan varian baru virus di Inggris sedang dikerjakan dengan hasil awal sementara ini dinyatakan baik," jelas Yang Xiaoming, pimpinan CNBG, Minggu lalu. Ia juga menjelaskan bahwa vaksin ini bisa menginduksi perlindungan.

Vaksin Sinopharm, dalam perjalanannya adalah vaksin corona pertama yang sudah diizinkan digunakan secara massal di Cina. Anak-anak termasuk ke dalam penerima suntikan vaksin ini. Adapun izin penggunaan telah dikantongi sejak Desember tahun lalu, dan akan diberikan anak-anak dan remaja, sebelum Maret 2021. Seperti dikutip dari Tempo.Co

"Anak-anak berusia 3 sampai 17 tahun bisa menerima vaksin CNBG," ungkap Yang Xiaoming, ia juga memberi catatan bahwa pada anak usia 3-5 tahun, sistem imun tubuh masih dalam perkembangan awal, dengan demikian mereka harus melalui tahap observasi secara hati-hati sebelum divaksin.

Izin penggunaan vaksin diberikan atas dasar tingkat efikasi 79,34 persen yang diklaim ditunjukkan dari hasil uji klinisnya. Tingkat kemampuannya membangun antibodi dalam tubuh mencapai 99,52 persen. Menyoal efek samping yang didapati terbatas pada keluhan nyeri di sekitar lokasi suntikan, sakit kepala, nyeri otot, dan demam.

Yang juga menjelaskan vaksin yang dikembangkan dari virus yang sudah dilemahkan itu menginduksi antibodi melawan virus Covid-19 sepuluh hari setelah suntikan yang pertama dengan tingkat yang berbeda-beda di antara setiap orang.

"Level antibodi yang lebih tinggi dicapai 14 hari setelah suntikan dosis yang kedua, memberi perlindungan yang cukup melawan Covid-19," tandasnya.

 

 

Menkes Bakal Coret Oseltamivir Dari Daftar Obat Covid-19, Mengapa?

Sebelumnya

Din Syamsuddin Juga Percaya Ivermectin Bisa Bantu Sembuhkan Covid-19

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah News